Pengukuhan Pengurus DPD ABPEDSI Kabupaten Batang, Masa Bhakti 2020 – 2026

 

Batang — Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra hadiri acara pengukuhan pengurus DPD Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI) MASA BHAKTI 2020 – 2026. Bertempat di Aula Kantor Bupati Batang, Rabu (16/6/21).

Ir. Agus Sumantoro Ketua DPD ABPEDSI Kabupaten Batang mengucapkan terima kasih kepada ketua dewan pimpinan ABPEDSI Jawa Tengah yang telah mengukuhkan pengurus DPD ABPEDSI Kabupaten Batang masa bhakti 2020 – 2026. Semoga amanah ini bisa kami emban dan sesuai dengan harapan.

Kita ikut menyengkuyung, ikut berpartisipasi apapun kegiatan yang ada di Kabupaten Batang. Disampaikan bahwa sesuai data jumlah BPD di Kabupaten Batang sebanyak 2151 anggota, keperwakilan dari perempuan baru 20 persen.

“Kalau ada kegiatan yang bersifat umum baik di kabupaten maupun di kecamatan atau di desa kami agar diikut sertakan. Sudah 2 tahun melaksanakan tugas sebagai anggota BPD namun belum di mendapatkan Bintek. Mewakili aspirasi dari seluruh anggota BPD, bahwa untuk intensif Badan Pemasyarakatan Desa agar di naikan”, Tutur Agus

Pada kesempatan ini, Ketua ABPEDSI Provinsi Jawa Tengah Muhammad Ali SH. MA menyampaikan kepengurusan jajaran tingkat nasional yang menjadi inspirasi adalah teman – teman dari Kabupaten Batang, ”Bahwa Batang mempunyai SDM yang berkualitas. Saya ucapakan terima kasih yang sebanyak- banyaknya kepada para anggota DPD Kabupaten Batang, yang mana termasuk sebagai inisiator terciptanya lembaga asosiasi badan pemasyarakatan desa dan terbentuknya ABPEDSI tingkat nasional”, Tuturnya.

Maka terbentuklah yang namanya Undang – Undang Desa yaitu UU no 6 tahun 2014. Dengan adanya kegiatan – kegiatan di peruntukkan untuk desa yang namanya dana desa. Yang sampai saat ini di anggarkan kurang lebih 72 trilyun bagi seluruh Indonesia.

“Perannya ABPEDSI sangatlah penting, untuk mengawasi dana yang di berikan oleh pemerintah pusat, yang besarnya hingga 1 milyard dalam satu tahun, maka untuk pengawasan ini perlu adanya BPD. Agar anggaran yang bersumber dari pusat tidak hanya untuk penanganan Covid-19 saja akan tetapi di gunakan juga untuk kegiatan yang lain”, Terang Muhammad Ali

Sementara Bupati Batang Wihaji, ”mengucapkan Selamat kepada jajaran kepengurusan ABPEDSI Kabupaten Batang yang telah di lantik, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya tidak keluar dari koridor. Kalau kita semua sering komunikasi, In Syaa Allah kalau kita satu pandangan, satu persepsi, satu keyakinan dan satu semangat yang mana pada hari ini BPD dapat menghadirkan semua elemen negara, pemerintah atau institusi negara yang vertikal. Organisasi dalam organisasi itu semangat membangun komunikasi dan kordinasi”, ucapnya

“Ayo bersinergi bersama pemerintah daerah membangun potensi yang akan terjadi di kabupaten Batang, ini yang nanti akan membangun pertumbuhan ekonomi Batang, otomatis kesejahteraan bagi BPD akan ikut naik. Dengan pertumbuhan ekonomi di Batang yang masih min satu (-1) karena Covid- 19”.

“Saya yakin Batang nanti akan menjadi tempat perantauan, sebelum jadi tempat perantauan ayo warga Batang jangan jadi penonton. Dengan sudah diluncurkannya Batang Carier, saya mewajibkannya seluruh perusahaan yang ada di Batang untuk bersinergi dengan pemerintah daerah, sehingga membantu warga Batang. Termasuk tenaga kerja lokal di libatkan di dalam program – program industri di Batang”. Pungkas Bupati Batang Wihaji.

(Pen- 0736/Batang)