Pemkab Batang Siapkan 12.600 Rapid Antigen untuk Pemudik

Batang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menyiapkan 12.600 tes rapid antigen untuk pemudik yang nekat pulang kampung ke Batang pada Lebaran 2021.

“Kita siapkan 12.600 tes rapid antigen untuk pemudik secara acak. Khusus bagi pemudik dari luar negeri saya perintahkan wajib ikut tes tersebut,” kata Bupati Batang Wihaji, usai menjadi pembina apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi di Mapolres Batang, Rabu 5 Mei 2021.

Wihaji mengatakan, hal ini sebagai langkah antisipasi agar tidak muncul klaster – Klaster baru Covid-19 dimanapun. “Dari hasil pelacakan di Batang sudah tercatat 600 pemudik yang hasil acak tes rapid antigen hasilnya negatif atau nol.” Katanya.

Adapun pemudik dari luar negeri atau pekerja migran Indonesia (PMI) yang sudah tiba di Batang sebanyak 10 orang, hasil tes rapid antigennya nol kasus Covid-19. “Kita sudah kerjasama dengan TNI Polri untuk melakukan cek antisipasi di Terminal, Stasiun Kereta Api dan kalau ada gejalan kita tes rapid antigen secara acak,” kata Wihaji.

Wihaji menyatakan Pemkab Batang sudah menuaiapakn lokasi Isolasi mandiri bagi pemudik yang positif terpapar Covid-19. “Kalau tahun kemari pemudik wajib isolasi mandiri, sekarang kalau hasilnya positif baru diisolasi mandiri,”katanya.

Ia pun mengklaim kasus Covid-19 di Kabupaten Batang menurun hingga pernah menyentuh angka nolmper hari. Tapi juga pernah menyentuh angka 27 kasus per hari. “Tidak ada klaster bari dan hanyakecamatan Batang yang masih  zona merah,” pungkaa Wihaji. Operasi Ketupat Candi melibatkan 569 petigas gabungan dari TNI Polri, Dishub  Dinas Kesehatan, selain itu juga melibatkan organisasi masyarakat.