Satgas TMMD Juga Mampu di Bidang Pertukangan

Kebanyakan Masyarakat sipil selama ini masih sangat awam tentang tugas sebenarnya dari TNI. Kebanyakan dari mereka berpikir, tentara hanya mengurusi perang dan yang dikerjakan adalah latihan dan latihan, serta bergelut dengan senjata.

Hal yang mengejutkan bagi masyarakat sipil, ternyata TNI banyak yang memiliki keahlian yang di kuasi oleh seorang prajurit Yon Zipur/TK yang sedang bertugas melaksanakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 103 di wilayah teritorial Kodim 0736/Batang, mereka punya keahlian sebagai tukang batu, Rabu (31/10/2018).

Hal ini terlihat saat para prajurit yang tergabung anggota Satgas TMMD Reguler ke-103 Kodim 0736/Batang bekerja di sasaran fisik lewat perbaikan rumah tidak layak huni milik warga di Desa Durenombo, Kecamatan ,Subah Kabupaten Batang Seperti yang dilakukan Pratu Tarto, salah satu anggota personel TMMD Reguler yang juga personel Yon Zipur/TK, Pratu ini mendapatkan tugas untuk merehab rumah tidak layak huni (RTLH) milik bapak Buyadi, warga RT.04/RW.02, Desa Durenombo.

Pratu Tarto terlihat sangat lihai dan cekatan menata batako diatas adukan pasir yang sudah tercampur semen dan sesekali membetulkan benang.

“Sebagai anggota TNI yang bertugas di Yon Zipur, dan di perbantukan dalam Satgas TMMD, kami dituntut profesional, artinya kami harus memiliki kemampuan serba bisa karena dihadapkan dengan kegiatan diwilayah. Selain ilmu militer yang sudah kami kuasai selama ini, kemampuan diluar kemiliteranpun harus kita miliki,” papar Pratu Tarto.

Tarto mengaku bersyukur bahwa ilmu pertukangan yang dimilikinya bisa langsung dipraktekkan selama pelaksanaan TMMD. “Semoga bisa bermanfaat bagi bapak Buyadi yang rumahnya sedang kami rehab ini,” imbuhnya.

Banyak warga yang melihat langsung bagaimana cara kerja seorang prajurit dalam membantu dalam perbaikan RTLH. Mereka sangat terkesan dengan kemampuan yang dimiliki TNI.

“Ternyata Tentara tidak hanya jago dalam berperang tetapi ternyata tentara juga jago nukang,” kata bapak Buyadi. (Red)