Babinsa Koramil 05/Reban Latih Survival Kepada komunitas HIMMAH-KESIP Pekalongan

 


Reban, Batang, Jawa Tengah – Babinsa Koramil 05/Reban Kodim 0736/Batang Serka Afriyanto melatih materi survival kepada komunitas Himpunan Mahasiswa Habib Saggaf ( HIMMAH-KESIP ) Pekalongan di lapangan desa Ngadirejo kecamatan Reban Kabupten Batang, jumat (22/6/18).

Survival adalah keadaan dimana diperlukan perjuangan untuk bertahan hidup. Survival merupakan kehidupan dengan waktu mendesak untuk melakukan improvisasi yang memungkinkan. Adapun materi dalam kegiatan itu, diantaranya adalah Navigasi Darat (Navrad), Bivak (Pendirian Tenda Darurat), P3K, Pengenalan Hewan atau Binatang berbisa, Pengenalan Tumbuhan beracun.

‚ÄúDalam pembekalan kegiatan Survival ini, diharapkan para peserta latihan dapat menambah pengetahuanya dalam bertahan menghadapi kesulitan di alam bebas. Selain itu, faktor paling utama yang harus dimiliki dalam bersurvival adalah ketahanan mental orang itu sendiri, jika mempunyai mental yang tangguh dalam keadaan sesulit apapun kita akan mampu keluar dari keadaan itu”,ujar Serka Afriyanto.

“Bagi Mahasiswa yang sudah menerima pembekalan baik pengetahuan teori maupun keterampilan dapat dijadikan bekal baik perorangan maupun kelompok yang nantinya dapat ditularkan ke rekan-rekan sesama mahasiswa maupun adik-adik pelajar”,imbuhnya.

(Pen Dim 0736)