ANGGOTA KORAMIL 03/GRINGSING BANTU PETANI PANEN PADI

Gringsing, Batang, Jawa Tengah – Anggota Koramil 03/ Gringsing Peltu Haryana Mendampingi petani untuk melakukan panen padi di sawah milik bapak Ikhwan di Dukuh Kutosari Desa Kebondalem Kec. Gringsing Kabupaten Batang Jawa tengah .Selasa ( 12/06/2018 ).

Dalam proses panen padi tersebut Anggota Koramil 03/Gringsing dan para petani tampak semangat saat memanen tanaman padi. “Saya tak mengenal lelah walaupun terik matahari dengan lumpur dan gatal-gatal di badan, karena tugas saya sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, apalagi dalam kegiatan panen padi seperti ini,” ungkap Peltu Haryana.

Komandan Koramil 03/Gringsing Kapten Infantri Sugito mengatakan, pihaknya memerintahkan anggotanya Babinsa Peltu Haryana dan Sertu Juliyanto untuk mendampingi kelompok tani “SUBUR MAKMUR” Dukuh Kutorejo Desa Kebondalem Kec.Gringsing Kab.Batang dengan luas lahan 1 hektare. “Turunnya Babinsa di sawah diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panen padinya,” katanya.

Lebih lanjut Danramil 03/Gringsing menambahkan, bahwa dalam menyukseskan program Swasembada pangan oleh Pemerintah, TNI Angkatan Darat memerintahkan para Babinsa supaya selalu terjun kelapangan dan berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya progam pertanian ini.

Untuk mendukung program tersebut serta untuk mencapai target, Babinsa selalu memberikan pendampingan baik secara teori maupun praktek langsung agar program Swasembada pangan dapat tercapai dan sukses dan diharapkan para petani menanam padi secara serentak bersama sama, dengan pendampingan panen padi diharapkan hasil panen lebih baik produksi maupun produktivitasnya, sehingga dapat membawa keuntungan bagi para petani karena semua tata cara kelola sudah sesuai anjuran dan arahan dari PPL dan para Babinsa.

Sementara itu, Ketua kelompok tani “Subur Makmur ” menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa yang mendampingi kelompok tani secara penuh sejak penanaman hingga masa panen. “Apa yang kami lakukan ini sepenuhnya mendapatkan bimbingan dan pendampingan secara teknis oleh Babinsa. Pada panen saat ini dengan menggunakan penghitungan sistem ubinan mengalami peningkatan dari panen sebelumnya,” katanya. petani di kelompoknya makin bersemangat untuk menanam padi dengan hasil dibanding sebelumnya, panen kali ini meningkat. “Panen sebelumnya per hektare menghasilkan sekitar 4 ton, kini hasil panen bisa mencapai sekitar 4,5 sampai 5 ton per hektare,” ungkapnya.

( Pen Dim 0736 )