PEMBANGUNAN JEMBATAN TOL KALI KUTO WILAYAH KORAMIL 03/GRINGSING DI TINJAU LANGSUNG OLEH MENTERI PUPR ( PEKERJAAN UMUM PERUMAHAN RAKYAT ) DAN MENTERI PERHUBUNGAN

Gringsing, Batang, Jawa Tengah – Lokasi pembangunan jembatan Tol Kali Kuto Desa Mentosari Kec.Gringsing Kab.Batang Wilayah Koramil 03/Gringsing.Di tinjau langsung oleh MENTERI PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ) DAN MENTERI PERHUBUNGAN. Kunjungan mulai pukul 16.30 sampai dengan 17.50 Wib Selasa ( 05/06/18 )

Dalam Penyampaianya Menteri PUPR Bapak Basuki Hadimuljono, mengatakan
Saat ini sementara jembatan belum tersambung nanti H- 2 sudah bisa dilewati, dan dinyatakan sebagai tol fungsional . Tol fungsional jumat 8 juni pukul 06.00 wib. dibuka dimulai dari Brebes.
Bila pingin aman selamat harus memenuhi tiga hal antara lain : ada rekayasa lalulintas , perilaku pengendara dan sarana prasarana. Perlu saya ingatkan , hati hati pada jembatan yang belum levelnya , ikuti rambu – rambu Lalu lintas yang ada.

Jembatan Kali Kuto menjadi jembatan pelengkung baja pertama di Indonesia yang perakitannya tidak dilakukan di pabrik melainkan dirakit di lokasi pekerjaan. “Beratnya 2.400 ton sehingga bila di rakit di Surabaya atau Jakarta, akan kesulitan membawa ke lokasi. Sehingga dibuat menjadi 12 bagian dan dirakit di lokasi. Ini pertama kali dilakukan secara in situ. Selain itu juga akan dikerjakan lantai jembatannya dengan target tanggal 13 Juni 2018 sudah bisa dilewati,” Ungkap  Menteri Basuki.”

Jembatan Kali Kuto ditargetkan bisa digunakan pada H-2 Lebaran. Sebelum bisa dilalui arus mudik, maka kendaraan akan diarahkan keluar Gringsing sejauh 500 meter untuk melintasi Kali Kuto dan masuk kembali ke tol menuju gerbang tol keluar di Krapyak (Semarang). Untuk arus balik akan lebih lancar karena jembatan sudah bisa dilalui,” Imbuh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto Desa Mentosari Wilayah Koramil 03/Gringsing.

Di samping itu Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi menyampaikan
dengan keterangan, “Kita kesini memberitahukan pada masyarakat kapan dilakukan dan berapa kecepatan , hal ini untuk menepis anggapan kucing dalam karung”. Selesai pers rilis dilanjutkan mengecek jalan di wilayah tol Kendal.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut : Muspika Kecamatan Gringsing, Kapolres batang, Korlantas ( Irjen Royke Lumowa), Kakorsabara mabes polri (Irjen Condro Kirono), Kapolda jateng
(Kombes Tori k) Dan Sat. Brimob (Basuki Hadi Mulyono) men PU PR beserta staf
Budi Karya Sumadi, menhub. Beserta staf Direktur Jenderal Bina Marga (Arie Setiadi Moerwanto), Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (Herry TZ), Direktur Jalan Bebas Hambatan, Perkotaan, dan Fasilitasi Jalan Daerah, Ditjen Bina Marga (Sugiyartanto), Direktur Operasi II PT Waskita Karya (Bambang Rianto), Dirut PT Jasa Marga Batang – Semarang (Arie Irianto), Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII (Herry Marzuki), dan Kepala Biro Komunikasi Publik (Endra S).

( Pen Dim 0736 )