BKKBN Kabupaten Batang Mengandeng Babinsa Untuk Kampanyekan Keluarga Berencana

BKKBN menggandeng Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Jaka Kendil untuk menggerakkan pasangan usia subur menjadi peserta KB. Komponen Babinsa dioptimalkan untuk ikut terlibat dalam penyuluhan maupun kampanye program KB kepada akseptor baru sampai ke desa desa.

“Mereka telah diberikan orientasi dan pelatihan mengenai bagai mana membantu mengampanyekan program nasional ini di tengah tengah masyarakat, ” kata Bupati Batang H. Wihaji S. Ag, M. Ag pelatihan dan pengembangan (Latbang) BKKBN, Batang(11/05/18)siang.

Melalui mitra kerja BKKBN baik bidan desa maupun Babinsa ini, Pemerintah memberikan kebijakan khusus bagi revitalisasi program KB di daerah tertinggal. Kebijakan berupa KB gratis ini dilakukan untuk mendorong percepatan revitalisasi program pengendalian kependudukan di wilayah terpencil.

“Terutama wilayah yang jauh dari jangkauan puskesmas serta bidan desa, ” ungkap Komarudin. Menurut dia, BKKBN terus memperluas layanan KB gratis ini dengan menjangkau sejumlah daerah tertingal, baik untuk kemudahan mengakses alat konrasepsi maupun layanan KB dengan mobil keliling.

Upaya ini dilakukan dengan memanfatkan fasilitas unit layanan KB, menjangkau wilayah terpencil, baik untuk kampanye dansosialisasi, endukasi hingga penanganan layanan KB bagi usia subur.

Selain upaya ini, masih lanjut Komarudin, Puskesmas juga terus meningkatkan peran Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di lapangan.