BAMIN WANWIL DAN BABINSA TURUN KE SAWAH BANTU OLAH SAWAH DENGAN TRAKTOR

Gringsing-Pembentukan Kelompok Tani sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja dan kerja sama. Kelompok Tani “Marsudi Tani” terbentuk atas dasar kesamaan kondisi lingkungan, kepentingan yang sama, satu tujuan yaitu untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggotanya.

Seperti halnya dengan Kelompok Tani yang berada di Dukuh Segan Desa Sawangan, Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Bati Wanwil dan Babinsa Koramil 03/Grs dan Babinsa Desa Sawangan melakukan pendampingan Upaya khusus dengan menyiapkan lahan pertanian dengan membajak sawah, penyiapan lahan, di Dukuh Segan Desa Sawangan Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang Sabtu ( 28/04/2018 )

Tujuan serta adanya Kelompok Tani sejalan dengan adanya pendampingan pertanian yang dilakukan Babinsa. Komitmen pendampingan kepada petani tersebut, merupakan bukti TNI AD benar-benar menjalankan tugasnya mewujudkan swasembada pangan nasional.

Bati Wanwil Koramil 03/Gringsing Peltu Haryana mengatakan, guna mendukung program ketahanan pangan nasional pada percepatan masa tanam kedua, Babinsa Desa Sawangan akan membantu warga membajak sawah menggunakan traktor untuk musim tanam 2018.

“Dengan adanya pendamping Upsus, penyiapan lahan kepada kelompok tani diharapkan dapat mempercepat musim tanam agar hasil panen menjadi maksimal,” ujarnya.

Menurutnya, pendampingan Upsus yang dilakukan Babinsa mulai dari pembenihan bibit padi, penyiapan lahan tanam, perawatan padi sampai masa panen. “Hal tersebut untuk peningkatan ketahanan pangan,”ungkapnya.

Dan Babinsa Sawangan Serda Trisukamto menyampaikan ,Sebelumnya Kelompok Tani “Marsudi Tani” Desa Sawangan menggunakan hewan sapi atau kerbau untuk membajak sawah, karena membutuhkan waktu yang lama, sehingga petani saat ini menggunakan hand traktor guna mempersingkat waktu untuk pengolahan sawah,”ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah tersebut yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Selanjutnya Airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.“Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, “ungkapnya

Bati Wanwil Koramil 03/GrsPeltu Haryana juga menambahkan “ Tujuan Babinsa turun ke sawah adalah untuk pendampingan para Kelompok Tani di wilayah desa binaannya untuk mensukseskan program pemerintah dalam ketahanan pangan nasional guna mencapai swasembada pangan,”tutur nya