Kodim 0736/Batang Bersinergi Dengan BKKBN adakan Pelayanan KB Gratis

Batang – Program Keluarga Berencana dan Kesehatan (KB Kes), suatu gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera, sesuai dengan yang telah direncanakan. Sejalan dengan program KB, diharapkan masyarakat dengan kesadaran penuh mau mengikuti program KB. Kodim 0736/Batang bersama BKKBN Kab. Batang, menggelar kegiatan Baksos Pelayanan TNI KB Kesehatan gratis, bertempat di Klinik Pratama 36 Batang JL. S.Parman no. 30 Kauman Kabupaten Batang, Kamis (8/10/2020).

Pelayanan terselenggara dalam rangka Bakti Sosial TNI KB Kesehatan, KB yang di berikan yaitu KB IUD dan Implan. Untuk memenuhi target dari bkkbn, aseptor yang mengikuti KB ada sekitar 60 orang warga sipil di tambah Ibu- ibu Persit 15 orang.

” Peran TNI dengan KB Kesehatan wujud Kepedulian Sejahtera”.

Acara di adakan secara serentak di seluruh kabupaten Batang meliputi puskesmas yang ada di wilayah tak terkecuali Klinik Pratama 36 Batang Kodim 0736/Batang.

Kabid KB Advokasi KIE BKKBN Provinsi Jawa Tengah Yuli Arsianto bersama dengan 3 orang. Dalam kunjungan ke Klinik Pratama 36 Batang sempat menanyakan kepada pasien dengan KB yang di pakai.

” IBU Ambarwati memakai KB apa”? tanya Yuli Arsianto.

Ia juga menerangkan bahwa KB IUD itu merupakan KB yang terhitung paling murah, tidak kalah dengan KB yang lain. Walau ada efek terhadap hormonal, namun KB ini banyak kelebihannya, di antaranya IUD hormonal mampu mencegah kehamilan hingga lima tahun, sementara IUD tembaga mampu mencegah kehamilan hingga 10 tahun. Tutur Yuli Arsianto.

Dengan di berikan pilihan harapan nya para aseptor dapat memilih apa yang sesuai dengan keinginan. Kalau Ibu-ibu yang baru memiliki anak satu tidak di anjurkan memakai IUD.

” Proses KB IUD yang di lakukan tidak sakit, dengan berbagai kemudahan yang sekarang ada, serta menyarankan kepada salah satu Ibu agar beralih menggunakan KB IUD”, terang Ambarwati.

Hadir dalam kegiatan, Dandim 0736/Batang Letkol Inf Dwison Evianto yang di wakili Kepala Klinik Pratama 36/Batang Peltu Asmuni, Ibu Ketua Persit KCK Cab XXIV Kodim Batang Ny. Zahra Dwison Evianto yang di Wakili Ibu wakil Ketua Persit Ny. Heni Purwaningsih Haryono, Kabid KB Advokasi KIE, Yuli Arsianto dan 3 orang, Pengurus Persit Dim Batang serta anggota, PLKB bapak Zaenal A A mewakili dinas BKKBN, Danramil 10/Batang Kapten Inf Bardi dan anggota Koramil, aseptor 60 orang warga. ( Pendim0736 )