Kodim 0736/Batang Melaksakan Upacara Bendera Memeriingati Hari Pahlawan 

 

Batang – Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Kav. Henry RJ. Napitupulu menjadi inspektur upacara Bendera  dalam rangka hari pahlawan di lapangan Makodim 0736/Batang,Minggu ( 10/11/19 ). 

Dandim 0736/Batang Lekol Kav. Henry RJ. Napitulu membacakan amanat dari menteri Sosial menyampaikan , pada hari ini di hari pahlawan ini mari kita menundukan kepala sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa dan raga untuk negara Indonesia.Setiap hari Pahlawan tanggal 10 november kita ingatkan kembali peristiwa pertempuran 10 november 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan indonesia.Peristiwa perang mengiatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah  datang begitu saja. 

Dengan peringatan hari pahlawan kita harapkan agar lebih menghargai jasa para pahlawan sebagai mana ungkapan seseorang “the faunding fathers” . Kata Bung Karno menyatakan bahwa “.. Hanya Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawan Akan menjadi Bangsa Yang Sangat Besar.. ” pada tahun 2019 hari Pahlawan ini bertemakan ” Aku Pahlawan Masa Kini “. Menjadi pahlawan masa kini bisa dilakukan oleh siapa saja yang penting warga negara indonesia. Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukan melalui pengorbanan jiwa raga dan tenaga, harta bahkan nyawa dikorbankan hanya untuk kemenangan negara Indonesia.Dimasa kini kita berjuang hanya dengan pikiran dan tenaga untuk menjaga dan mengembangkan bangsa Indonesia. 

Peringatan hari pahlawan  kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan sampai keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu dengan tetsan darah dan air mata akan mejadi sia sia. Hari pahlawan bukan seremonial saja tetapi dapat diisi dengan dengan aktivitas yang dapat menyuburkan nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama. 

Dengan diri kita menjadi Pahlawan masa kini maka permasalahan yang melanda di negeri ini dapat teratasi, untuk itu marilah kita pupuk nilai kepahlawanan agar tetap subur dalam hati nurani kita. .(Pen-0736).

Comments

comments