Pembangunan TNI Merubah Total Akses Tembus Antar Dusun Terisolasi

“Dusun Durensari-Durenombo, 15 Menit” Warga masyarakat Dusun Durensari mulai menatap akses baru menuju pusat pemerintahan desa di Dusun tetangganya, Dusun Durenombo Desa Durenombo Kecamatan Subah. Jarak yang semula 17 kilometer harus ditempuh melingkar akan menjadi 15 menit 3,7 kilometer.

Jalan menuju desa mereka sebelumnya pernah ada, namun hilang akibat longsor ratusan tahun silam, termasuk dua dusun diantaranya (Dusun Karangsuwung dan Kwarasan) yang kini terhapus dalam peta. Renggang belasan kilometer itu harus dijangkau Wong Durensari memutar melewati Desa/Kecamatan Pecalungan, kecamatan tetangga untuk sampai berinteraksi dengan tetangga dusunnya tersebut atau sekedar untuk mengurus administrasi di Kantor Desa Durenombo.

d3

Perbukitan dibelah alat berat guna mewujudkan impian mereka yang mendambakan peningkatan kesejahteraan dari pemerintah, TNI Kodim 0736 Batang bersama segenap elemen terkait khususnya Dinas PU Kabupaten Batang menerjunkan Beghu guna memangkas tengah dan samping bukit menjadi jalan selebar 4 meter, walaupun yang akan diperkeras selanjutnya di aspal selebar 3 meter.

Inilah tujuan TNI Manunggal Membangun Desa, mandate pemerintah dilaksanakan membangun desa terpelosok, terisolir, terujung dan bahkan terdampak bencana untuk ditingkatkan atau merekonstruksi pasca bencana. Terlihat Penampakan jalan penghubung Durensari-Durenombo pada bagian terjalnya.