“Man And The Machine” Peranan Alat Berat Pacu Perampungan Target TMMD

Kooperasi antara manusia dengan mesin atau alat berat adalah hal yang mutlak dalam pekerjaan membelah bukit untuk dijadikan akses baru, menjadi target utama pembangunan TMMD Reguler 103 Kodim Batang di Desa Durenombo Kecamatan Subah.

Mesin yang dimaksud adalah backhoe dan vibro roller, jika ada dipastikan target rampung sebelum penutupan TMMD 14 November nanti. Alat akan membantu Satgas TMMD dan warga dengan peralatan konvensioal berupa cangkul, sekop maupun gerobag dorong, namun tetap saja memerlukan kolaborasi prima diantara keduanya tanpa mengesampingkan faktor semangat dari manusianya itu sendiri.  “Selain bantuan alat berat, tak kalah penting lagi adalah aspek ikhlas mengabdi sebagai ibadah dalam membantu kesulitan masyarakat setempat, sehingga lembur malam tidak akan terjadi karena target berjalan lancar sesuai jadwal,” tegas Dansatgas kepada anggotanya saat terlibat pengoperasionalan vibro roller dalam proses pengerasan jalan yang akan segera diaspal. Rabu (17/10/18).

Dengan bantuan beberapa nahkoda, vibro roller dapat full time bekerja, tinggal didukung peran, daya maupun upaya dari warga setempat itu sendiri sehingga jalan aspal akan menampakkan wajah aslinya dalam beberapa hari kedepan.  “Satgas TMMD juga bergantian dengan operator alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Batang untuk pengoperasionalan mesin, sebab prajurit juga mempunyai juru mudi karena beberapa mantan anggota Yonzipur yang terbiasa menjalankan hampir sebagian besar alat tersebut di kesatuan lamanya sebelum menjadi prajurit teritorial.” Sambung Henri.