Kirab Merah Putih Pemersatu Elemen Masyarakat

 Dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Kabupaten Batang, Provinsi Jawa tengah menggelar acara kirab merah putih sebagai wujud kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Senin (01/10/2018).

Acara kirab diikuti berbagai elemen masyarakat yang terdiri dari, 1.SST Kodim 0736/BTG, 1 SST Dalmas Polres Batang, FKPPI, Pemuda Pancasila, Banser dan para pelajar dari  Kecamatan Warungasem.

Kirab kali ini digelar cukup berbeda dari tahun sebelumnya, sebab ada pertunjukan seni bela diri pencak silat yang cukup meriah dan upacara pemberangkatan pun dilaksanakan di halaman Syeikh Tholabudin, Desa Masin, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang.

Selian itu, kirab merah putih inipun di bagi menjadi dua etape. Etape pertama dari Halaman makam Syeikh Tholabudin Masin sampai perempatan tol Desa Kalibeluk. Sedangkan etape kedua, dari perempatan tol kalibeluk menuju taman makam pahlawan Kadilangu, Kabupaten Batang.

Kelompok pertama dilepas oleh Muspika Warungasem,camat  Wilopo,Danramil Warungasem, Kapten inf Hari Santoso dan Kapolsek warungasem,Akp Akhmad Al Munasifi.S.H pada pukul 08.15 wib.

Danramil Warungasem, Kapten inf Hari Santoso menyampaikan bahwa acara kirab merah putih ini digelar untuk menyatukan seluruh komponen masyarakat dan menyatukan umat.

“Seluruh masyarakat bersatu di acara ini mulai dari TNI/Polri, FKPPI, Ormas, dan pelajar. Semua datang untuk menghargai dan meneladani semangat para pahlawan kita terutama pahlawan revolusi yang gugur demi menjaga ideologi pancasila dari ancaman komunis,” tutupnya.