Kegiatan VERIFIKASI ODF (Open Defecation Free) Oleh Tiem Dinas Kesehatan Di Desa Ponowareng

Tulis, Batang, Jawa Tengah – Koramil 12/tulis Jajaran Kodim 0736/Batang, Danramil 12/tulis Kapten Inf. Supirno menghadiri kegiatan Verifikasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Oleh tiem Dinas kesehatan dari Kabupaten Batang dan Puskesmas Tulis, Bertempat di Balai Desa Ponowareng Kecamatan Tulis, serta di dampingi Babinsa Desa Ponowareng Sertu Winarno. Selasa (18/9/18)

Ketua tim Verifikasi ODF dari staf Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Bapak Bakhtiar selaku kasi penyehatan lingkungan kab.batang menyampaikan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan merupakan wujud pemberdayaan masyarakat desa dengan kemandirian mampu merubah perilaku hidup bersih dan sehat dari masyarakat yang buang air besar di sembarangan tempat menjadi buang air besar di jamban yang sehat.

“Hal ini merupakan suatu bentuk komitmen yang tinggi oleh masyarakat dalam mengupayakan pencegahan dini dari penyakit berbasis lingkungan menjadi desa yang bisa mendeklarasikan desa stop buang air besar sembarangan (BABS).”

Ketua tiem Verifikasi ODF berharap “momentum ini bisa menjadikan desa lain di wilayah Kabupaten Batang menjadi Desa Stop buang air besar sembarangan (BABS) yang nantinya menjadikan Kabupaten Batang menjadi Kabupaten yang masyarakatnya Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS)”. harapnya.

Dalam kesempatan ini Danramil 12/tulis Kapten Inf. Supirno dalam sambutanya juga membenarkan apa yang di katakan dari tiem ODF, “Kita sudah saatnya untuk memperdayakan hidup sehat, sekarang bukan jamanya lagi untuk BABS, kalau bukan dari diri kita sendiri siapa lagi, oleh karena itu kami semua berharap kepada seluruh masyarakat kabupaten batang untuk memperdayakan hidup sehat mualai dari diri kita,khususnya warga Desa Ponowareng”, Pungkasnya.

( Pen Dim 0736 )