Terik Matahari Tak Dirasakan Oleh Babinsa Dalam Membantu Panen Padi di Wilayah Binaan

Batang, jawa tengah – Dalam proses panen padi Babinsa Kelurahan Kasepuhan,Koramil 10/Batang, Kodim 0736/Batang Sertu Hartono tampak semangat dan tidak merasa canggung serta ragu dalam mengoperasikan alat mesin perontok padi yang masih manual, Kamis ( 06/09/18 )

“Kegiatan pendambingan pertanian ini sudah bagian tugas dan tanggung jawab kami sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang harus bisa memberikan contoh dan motivasi di setiap ada kegiatan di wilayah binaannya,” jelas Babinsa. Peran Babinsa untuk ikut menjaga dan mensukseskan ketahanan pangan, benar benar direalisasikan. selain ikut memberikan penyuluhan para Babinsa ini juga ikut mendampingi petani panen padi. Kali ini adalah panen padi jenis varietas Bagendit di area sawah Bapak Taryono dengan luas sawah 1 ha yang di panen.

Pada kesempatan tersebut, Babinsa Koramil 10/Batang Sertu Hartono mengatakan,” sebagai aparat teritorial, Babinsa mengajak para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam. kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan. disamping pendampingan pertanian sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian,”tuturnya.

ia juga menjelaskan, “Babinsa selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada di seluruh wilayah desa binaannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat diharapkan mampu mendorong para petani yang ada di wilayahnya dalam rangka meningkatkan produksi pangan. Babinsa selaku motivator yang harus mampu mengajak para petani untuk mendukung pencapaian program swasembada pangan nasional.Imbuh Sertu Hartono.

Bapak Taryono salah satu petani pemilik lahan mengatakan, “sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah membantunya dalam melakukan panen padi kali ini, diakuinya mulai dari penanaman selalu di berikan cara yang terbaik agar padinya bisa tumbuh subur. “Saya sangat bangga dengan Babinsa yang selalu mendampingi kami di sawah, mulai proses pengolahan lahan sampai dengan panen padi, hingga hasilnya pun sangat memuaskan,” ungkapnya.

( Pen Dim 0736 )