Babinsa Koramil 05/Reban Bersama Bhabinkamtibmas Mengamankan Pentas Seni Tradisional “Kuda Lumping” Dalam Rangka Peryaan HUT RI Ke 73


Reban, Batang, Jawa Tengah – Babinsa Koramil 05/Reban Kodim 0736/Batang bersama Bhabinkamtibmas Polsek Reban melaksanakan pengamanan pentas seni tradisional Kuda Lumping Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73, di dukuh Sidomulyo desa Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang, Rabu (29/8/18).

Kuda Lumping adalah salah satu kesenian tradisional Jawa yang menggambarkan sekelompok prajurit penunggang kuda.  Kuda yang di gunakan dalam tarian ini bukanlah kuda sungguhan, namun kuda yang terbuat dari bambu yang dianyam dan dibentuk serta dihias menyerupai kuda. Tarian ini sangat populer di masyarakat Jawa dan sekitarnya.

Acara tersebut dihadiri kepala desa bapak Wintoro beserta perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta penonton dari warga desa Adinuso dan desa lainnya sekitar 500 orang.

Kepala desa Adinuso bapak Wintoro mengatakan ” pertunjukan kesenian kuda lumping ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT RI ke 73 di desa Adinuso, dan dalam kesenian tersebut digambarkan seorang prajurit penunggang kuda yang sedang berperang melawan musuh musuh negara”ucapnya.

Kami berharap pada warga desa Adinuso dengan pertunjukan kesenian kuda lumping ini, agar senantiasa menjaga NKRI, dan tumbuhkan jiwa nasionalisme, cinta NKRI serta jadikan perayaan HUT RI ini sebagai ungkapan terimakasih kepada para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan Indonesia yang mana mereka sudah mengorbankan harta, benda bahkan nyawa demi kemerdekaan Republik Indonesia”,imbuhnya.

Serka Ari Cipto Wibowo menghimbau kepada para penonton agar jaga ketertiban, keamanan dan jangan bikin ribut,  nikmati saja dalam menonton pertunjukan seni kuda lumping ini”, ajaknya.

(Pen Dim 0736)