MUSPIDA KABUPATEN BATANG DAN MUSPIKA KECAMATAN GRINGSING HADIRI PAGELARAN KETOPRAK UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA JAWA DI WILAYAH KECAMATAN GRINGSING DESA PLELEN

Gringsing, Batang, Jawa Tengah – Danramil Danramil 03/Gringsing Kapten Infantri Sugito bersama Muspika Kecamatan Gringsing dan Muspida Kabupaten Batang mengikuti Penyelenggaran Pagelaran Kesenian Kethoprak “WAHYU BUDOYO” dari Kabupaten Pati dengan Lakon “LAKON RATU KALINYAMAT TOPO BROTO” yang bertempat diLapangan Dukuh Plebean Desa Plelen Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Acara di mulai pada Minggu pukul 21.00 sampai dengan Senin Pukul 03.30 Wib, Senin 20 /08/2018.

Ketoprak adalah seni pertunjukan rakyat tradidional yang sangat terkenal, khususnya didaerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY. Ketoprak merupakan kesenian Jawa tradisional yang penyajiannya menggunakan bahasa jawa. Jalan cerita di dalam pementasan Ketoprak bermacam-macam, mulai dialog tentang sejarah, sampai cerita fantasi yang biasanya selalu didahului dengan alunan tembang-tembang Jawa yang indah. Kostum dan dandanannya selalu disesuasikan dengan adegan dan jalan cerita.

Acara tersebut dihadiri oleh.Bapak Bupati Batang Bpk H. Wihaji Sag Mpd, Dandim 0736/Batang Henry Rudi Judiyanto Napitupulu S.Sos, Camat Gringsing bapak Drs. Rusmanto, Danramil 03/Gringsing di wakili Batuud Peltu Solehudin beserta 4 orang Anggota, Kapolsek Gringsing, beserta 7 orang anggota, Pimpinan PT Kayu Manis Bapak H. Munawar, Kepala Desa dan Perangkat serta RT/RW Desa Plelen, Toga, Tomas, Toda, Panitia HUT Kemerdekaan RI ke 73 thn 2018, Warga masyarakat Desa Plelen dan warga Sekitarnya.

Kegiatan ini merupakan agenda untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 Ta. 2018 yang diselenggarakan oleh Warga masyarakat Desa Plelen dan bekerja sama dengan PT. Kayu Manis Gringsing dengan maksud dan tujuan untuk melestarikan kesenian ketoprak sekaligus memeriahkan Hari kemerdekaan RI, kemudian diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta pada kesenian Rakyat dan kesenian tradisional jawa.

( Pen Dim 0736 )