Babinsa Dampingi Petani Bajak Sawah Menggunakan Alat Modern


Tulis, Batang, Jawa Tengah – Desa Tegalsari memulai bajak sawah paska panen padi, Babinsa Desa Tegalsari Koramil 12/Tulis Kodim 0736/Batang Serda Gusman melaksanakan pendampingan terhadap petani membajak sawah menggunakan alat modern yaitu Traktor di pesawahan Desa Tegalsari Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Minggu (19/8/18).

Pengolahan lahan sawah dengan metode modern menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Babinsa Serda Gusman saat di temui, mengatakan pengolahan tanah sawah dilakukan untuk perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.

Menambahkan, Dengan pengolahan lahan menggunakan alat modern traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat sifat tanah lumpur saat padi siap tanam serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik dan produktif, sehingga percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) dan kebutuhan swasembada pangan dapat terpenuhi dan bahkan dapat meningkatnya hasil panen tetap produktif serta akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.” Pungkasnya

(Pen Dim 0736)