DANRAMIL DAN BABINSA DI KERUMUNIN BANSER DALAM RANGKA TASYAKURAN DESA

Bandar, Batang, Jawa Tengah – Danramil dan Babinsa Koramil 07/Bandar Hadiri Tasyakuran Sedekah Bumi pada 05/08, Kodim 0736/Batang, Koramil07/ Bandar Kapten Inf Maryana dan Srd Maafi beserta Banser menghadiri acara Tradisi Tasyakuran (Sedekah Bumi) Desa Candi Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Sabtu (04/08/2018).

“Kata pepatah, “ Dimana Bumi dipijak disitu langit dijunjung “, dan pepatah tersebut tentunya sangat erat hubungannya dengan tradisi suatu daerah, dan biasanya tradisi itupun berbeda dengan tradisi dari daerah asal kita. Ucap Kapten Maryana.

Seperti yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Candi mereka memiliki tradisi untuk meminta Keselamatan, Rejeki dan Kesehatan seluruh warga serta agar diberikan kelancaran, kesuksesan dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya oleh Tuhan Yang Maha esa, dengan melaksanakan suatu ritual yang dinamakan Sedekah Bumi. Jelasnya.

Kapten Inf Maryana, sebagai Danramil 07/ Bandar mendapat kehormatan dari warga setempat untuk bersama-sama masyarakat menghadiri ritual Sedekah Bumi tersebut yang dikemas dalam bentuk Tahlil dan Do’a Bersama seperti layaknya tradisi Tahlil yang digelar warga Muslim di tempat lain.

Adapun kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap 1 tahun sekali yaitu pada bulan jawa legeno( legenonan) dalam perhitungan tahun Islam/Hijriyah dan sudah menjadi tradisi turun temurun. Ungakpnya. yang disampai oleh kepala desa candi, Bapak syafii.

(Pen Dim 0736)