Audensi Legiun veteran Republik Indonesia dan Pepabri dengan PT.Waskita yang dimediasi oleh Kodim 0736/Batang


Batang, Jawa Tengah – Bertempat di Makodim 0736/Batang telah dilaksanakan Audensi antara Legiun veteran Republik Indonesia ( LVRI ) dan Persatuan purnawirawan angkat bersenjata republik Indonesia (Pepabri) dengan PT.Waskita yang dimediasi oleh Kodim 0736/Batang. Kamis ( 26/07/18 ).

Dalam acara ini di hadiri, Dandim 0736/Batang Letkol Kav. Henry R Napitupulu, Ketua LVRI H. Anwar Hidayat, Ketua Pepabri H.Umar Jamil, Ketua Paguyuban Sang Pamong bapak Rozikin dan penasehat bapak Supari, Camat Gringsing diwakili kasi trantib bapak Abidin, PT Waskita karya yang diwakili oleh bapak setiawan, Wartawan SM Arif Suyono.

Ketua Pepabri H.Umar Jamil menyampaikan, Pepabri Menagih janji kepada Waskita yang sekarang diwakili bapak setiawan, Bahan-bahan bekas dari bongkaran kantor yang dulu mau dipakai lagi namun sekarang tidak ada lagi. Pembangunan Gedung di Desa Kutosari kecamatan Gringsing yang akan dibangun ditanah negara yaitu tanah pengairan, dan kami sudah menghubungi BPK. Bapak Setiwawan berjanji satu Minggu dalam pembangunanya namun sampai sekarang tidak ada keputusan. Dalam permasalahan ini Pepabri sudah menghadap Bupati namun dilimpahkan ke kecamatan. Rencana pembangunan dibelakang perumahan dinas irigasi dan Waskita berjanji akan Menganti senilai 50 juta + material namun dana tersebut tidak cukup untuk pembangunan sehinga dana tersebut kami akan serahkan ke Bupati maupun instansi terkait dalam pembangunan gedung tersebut, “tegasnya.”

Bapak Setiawan ( perwakilan dari Waskita ) juga menjelaskan Terkait dengan lahan proyek jalan Tol adalah wewenang BPN yang membebaskan lahan sehingga kontraktor hanya mengerjakan proyek tersebut. Waskita akan membantu, Waskita beberapa kali melaksanakan pertemuan, dimediasi oleh jaksa bapak heru di wilayah Gringsing kesepakatan dan Waskita sanggup membantu Rp 50 juta. Waskita sampai saat ini belum mengerjakan karena belum ada RAB nya. Waskita hanya mbantu namun tidak. Dalam mediasi ini waskita siap membangunkan namun tidak sampai 100% karna hanya sifatnya membantu. Terkait dengan bangunan Gedung Pepabri pihak Waskita hanya simpati membantu dan kami akan menyampaikan ke PT JSB yang ada di Semarang, Semoga gedung Pepabri segera terwujud dalam pembangunannya dan membantu dalam pembangunannya.” jelasnya.”

Dari Ketua LVRI H. Anwar Hidayat juga menyampaikan Waskita karya agar membangunkan kantor Veteran karena sampai saat ini kurangnya perhatian kepada Veteran terutama pihak pengembang jalan Tol Semarang Batang.
Veteran mengadakan audensi yang difasilitasi oleh Dandim 0737 Batang dan berterimakasih atas bantuan Dandim sehingga permasalahan ini mendapatkan titik temu kesepakatan dalam pembangunan Gedung Pepabri.

Ketua Pepabri memberikan penyampaian Mediasi yang pertama di desa Wirosari dirumah bapak Suhardi dan pihak Waskita memberikan harapkan yang cerah. Bapak Setiawan hanya memberikan janji saja tidak secara tertulis dan kami mohon untuk menepati janjinya. Saat ini Pepabri bila mengadakan pertemuan ditempat anggota sehingga tempatnya berpindah-pindah.”Ungkapnya.”

Bapak Edi Kristian menyampaikan, Permasalahan bisa dikordinasikan pasti ada jalan keluarnya. Pihak waskita yang diwakili oleh bapak Setiawan agar membuat surat pernyataan kesanggupan membantu pembangunan gedung Pepabri. Pepabri menyiapkan lahan pembangunan gedung Pepabri termasuk RABnya. Apabila sudah ada tempat untuk pembangunan segera dan RAB nya Waskita karya diharapkan segera membantu proses pembangunanya.”Ungkapnya”

Penyampaian ketua Sang Pamomong bapak Rozikin. Pihak Waskita dalam sosialisasi agar memaksimalkan dalam pembahasan gedung Pepabri yang terkena proyek jalan Tol. Gedung tersebut digunakan organisasi untuk para purnawirawan dalam kegiatan organisasi sesudah mpp untuk mengisi kemerdekaan masa tuanya. Dalam pembangunan gedung Pepabri untuk wadah berorganisasi sehingga mari kita bantu mencari solusi yang terbaik. Dalam proses pembangunan gedung Pepabri melibatkan semua unsur sehingga mari kita bantu sama-sama.”Ungkapnya.”

Dandim 0736 Batang Letkol Kav. Henry R Napitupulu menyampaikan. Dalam mediasi semoga ada jalan terbaik dalam pembahasan Gedung Pepabri sehingga segara terwujud harapan Pepabri mempunyai Gedung Pepabri yang terkena proyek jalan Tol. Mengharap agar senior Fetran bisa berkarya dalam organisasi dan memiliki gedung kembali. Dalam pembahasan Gedung Pepabri PT Waskita karya membantu untuk proses pembangunan untuk organisasi Pepabri. Proses pembangunan mari kita sama-sama bantu Pepabri dalam proses pembangunan gedung Pepabri.”Pungkasnya.”

( Pen Dim 0736 )