Sinergitas TNI, POLRI dan Linmas Mengamankan Hiburan Kesenian Wayang Kulit

Tulis, Batang, Jawa Tengah – Hiburan Kesenian Wayang Kulit Anggota Koramil 12/Tulis, Polsek Tulis dan Linmas memberikan pengamanan dan menciptakan hiburan yang Kondusif di desa Tegalsari Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang, Dalam rangka acara Sedekah Bumi dengan Dalang Ki.Gandit dari Kabupaten Banyumas. Rabu (25/7/18).

Kesenian wayang kulit merupakan kebudayaan asli yang berasal dari pulau jawa dan sampai saat ini masih sangat digemari dan menyatu di hati warga masyarakat, untuk mengobati kerinduan warga akan seni wayang kulit, bertempat di dukuh bleder desa tegalsari dilaksanakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Gandit dari Kabupaten Banyumas dengan lakon Wahyu Katentrem.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut dilaksanakan dalam rangka Sedekah Bumi sekaligus sebagai sarana untuk melestarikan kebudayaan asli dari Jawa, dalam pagelaran wayang kulit tersebut juga dihadiri oleh Seluruh masyarakat desa tegalsari serta para tokoh agama, tokoh masyarakat. untuk menjaga dan mengamankan jalannya pagelaran wayang kulit tersebut dari Koramil 3 personel, Polsek 2 personel serta 6 Linmas Desa Tegalsari.

Sementara itu Kapolsek Tulis AKP I Wayan Sono saat dikonfirmasi ditempat mengatakan, bahwa untuk memberi rasa aman dan kondusif pada warga masyarakat dan pengunjung dalam pagelaran wayang kulit, anggota Polsek tulis bersama dengan Anggota Koramil serta linmas Desa Tegalsari bersinergi melaksanakan pengamanan kegiatan wayang kulit.

“Kami telah siagakan anggota dalam pagelaran wayang kulit untuk berikan rasa aman dan kondusif kepada masyarakat,” ungkap AKP I Wayan Sono.

Menambahkan Danramil 12/Tulis Kapten Inf Supirno mengatakan, Hiburan pagelaran wayang kulit ini perlu diadakan pengamanan untuk menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif, terutama pada masyarakat yang menyaksikan pagelaran wayang kulit, Danramil juga menghimbau kepada para pengunjung yang membawa sepeda motor agar saat meninggalkan kendaraan untuk dipastikan keamananannya dengan cara dititipkan pada penjaga parkir serta sudah terkunci untuk menghindari terjadinya curanmor yang akhir akhir ini semakin marak Terjadi terutama pada saat digelarnya berbagai macam hiburan yang mendatang pengunjung banyak. Imbuh Danramil

(Pen Dim 0736)