DANRAMIL 03/GRINGSING HADIRI EVALUASI DESA SIAGA

Gringsing, Batang, Jawa Tengah – Danramil 03/Gringsing Yang di wakili Sertu Mulyanto beserta Muspika Kecamatan Gringsing menerima tim evaluasi lomba Desa Siaga Desa Surodadi Tahun 2018 bertempat di Balai Desa Surodadi Kecamatan Gringsing, Rabu ( 25/07/2018 ).

Dalam hal ini Kades Surodadi Bapak Mahrozin, dalam menyambut tim mengatakan, “terpilih Desa Surodadii menjadi salah satu nominasi Desa siaga tidak lepas dari peran serta masyarakat, Kelembagaan Desa, LPMD, Karang Taruna dan instansi lainnya di Kecamatan Gringsing.”

“Dengan Desa Surodadi menjadi salah satu peserta desa siaga semoga menjadi pemicu semangat desa siaga yang lain dan secara tidak langsung menjadikan masyarakat mandiri dalam berbagai aspek. Desa siaga dalam hal ini, siaga atas dasar kemauan dan kemampuan desa siap antar dan jaga menyangkut kesehatan, dan kedaruratan mandiri. Harapan kami capaian tersebut akan terus dipertahankan, Gambaran desa siaga di desa Surodadi, masyarakat desa Surodadi terbiasa secara mandiri peduli, tanggap dan.mampu mencegah dan mengatasi masalah kesehatan. Selain itu, dengan kegiatan Desa Siaga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam tatanan rumah tangga, semoga bisa memperoleh prestasi yang diharapkan”, tuturnya.

Sambutan Muspika yang di wakili Sekcam Gringsing Bapak Purmono menyampaikan, Bahwa pemerintah kelurahan Surodadi Saat ini fokus pada pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat guna pencapaian kemajuan pemerintahan desa Surodadi bahwa penilaian lomba Kelurahan ini merupakan program yang telah diatur pemerintah pusat melalui Permendagri Nomor 81 tahun 2018 tentang evaluasi perkembangan Kelurahan dan desa dengan tujuan memotivasi Kelurahan agar semakin cerdas dalam menata kelembagaannya secara lebih modern dengan harapan segala kemajuan perkembangan Kelurahan atau Desa mudah dievaluasi.

Sambutan dari Tim penilai Desa siaga Kabupaten Batang,  Penilaian lomba Kelurahan atau Desa ada beberapa indikator yang akan dinilai yaitu pemerintahan Desa adat dan budaya keunggulan hasil Kelurahan/Pemerintah Desa tanggap bencana kemasyarakatan karang taruna, keamanan dan ketertiban pendidikan dan kesehatan, posyandu Raskin dan Rastra penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat Desa Surodadi, menjadi kebanggaan Desa Surodadi terpilih menjadi salah satu dari peserta Desa siaga yang lolos dari 15 Desa. Siaga yang dimaksud dalam hal ini siaga bidang kesehatan. Tujuan kami datang yaitu pertama silaturahmi, yang kedua yaitu verifikasi apa yang disampaikan di profil apakah ada atau tidak pada desa, dan yang ketiga kami akan cek ke lapangan dan menilai tentang bagaimana pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, perilaku hidup bersih dan sehat. Setelah ini kami akan blusukan ke wilayah bapak ibu sekalian untuk wawancara dengan masyarakat”, katanya.

(Pen Dim 0736)