PEMBEKALAN WASBANG MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA

Gringsing, Batang, Jawa Tengah – Tiga Orang Anggota Koramil 03/Gringsing, Batuud, Bamin Komsos dan Babinsa Desa Lebo Serka Suradi memberikan wawasan kebangsaan Di SMA N 1 Gringsing, Pentingnya penanaman pemahaman wawasan kebangsaan (Wasbang) bagi generasi muda khususnya para Siswa maupun pelajar harus dilakukan sejak dini sehingga ke depan diharapkan akan terbentuk generasi bangsa yang berkarakter. Kali ini Pimpinan Batuud Koramil 03/Gringsing Kodim 0736/Batang. Adapun yang melaksanakan Orentasi/melatih kegiatan Wasbang yaitu, Peltu Solehudin, Pelda M.Jaeni, Serma Suradi memberikan penyuluhan wasbang bagi siswa-siswi Anggota Baru SMAN 1 Gringsing Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Kegiatan  di mulai pukul 7.30 Wib. s/d 11.30 wib di lapangan halaman SMA N 1 Gringsing, Selasa 17/07/2018.

Sekolah Menengah Atas merupakan jenjang pendidikan menengah yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-citanya dimasa yang akan datang.

Pemberian wawasan Kebangsaan tersebut disesuaikan usianya sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah.

Secara terpisah Danramil 03/Gringsing Kapten Inf Suguto mengatakan, penyampaian materi wawasan kebangsaan ini merupakan penjabaran program pembinaan teritorial (Binter). “Koramil 03/Gringsing telah berkoordinasi dengan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gringsing dan Kepala Sekolah untuk memberikan waktu bagi anggota Koramil untuk memberikan pembekalan Wasbang kepada siswa-siswinya”, kata Danramil.

Danramil menyampaikan, dalam pemberian materi, tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SMA yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian mengisi pembangunan. Dengan pembekalan Wasbang akan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah yang nantinya dapat menjadi generasi yang mampu menjaga kedaulatan NKRI.

Sedangkan Kepala Sekolah SMAN 1 Gringsing Bapak Drs Sukalim MPd. menyampaikan, dengan adanya program kegiatan seperti ini sangat membantu sekolah-sekolah yang berada di daerah Pedesaan yang jauh dari keramaian terutama untuk pelatihan disiplin para siswa. “Kehadiran TNI di sini membuat kami dekat dengan bapak-bapak TNI terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak TNI,” ujarnya.

Disamping membantu kegiatan mengajar di kelas, prajurit TNI juga melaksanakan pelatihan baris berbaris dan Pembentukan disiplin kepada Siswa. Setelah itu di lanjutkan Pemilihan seleksi anggota paskibraka oleh anggota Koramil 03/ Gringsing dan Senior-senior SMA Negeri 1 gringsing yang terlibat Paskibraka tahun 2017. Kegiatan tersebut dihadiri oleh,  Kepala sekolah SMA N 1 gringsing bpk Drs Sukalim MPd, Kordinator tata usaha bpk Veri Susianto SPd. Guru kelas seluruh SMA N 1 Gringsing ,Siswa baru klas 10 SMA N 1 gringsing dgn jmh 222 siswa terdiri dari, IPS 100 untuk IPA 122.

“Saya sangat senang dan berterima kasih kepada Bapak Danramil dan Anggotanya yang telah membantu kami dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMAöN 1 Gringsing. Saya tidak bisa memberikan apapun kepada bapak-bapak TNI yang telah dengan senang hati dan ikhlas membantu SMAN 1 ini ,” ungkapnya.

Danramil 03/Gringsing Kapten Inf Sugito, Juga menyampaikan dan mengungkapkan, penyuluhan wawasan kebangsaan berupa materi kedisiplinan, cinta tanah air dan Pancasila bagi siswa-siswi tingkat sekolah Menengah,  salah satu tujuannya untuk membentuk kedisiplinan siswa dan menanamkan jiwa nasionalisme. “Ini bagian dari pendidikan karakter, diharapkan pada diri siswa-siswi akan lebih tertanam sikap kedisplinan dan semangat kebangsaan serta mampu menerapkannya dalam keseharian,” pinta Danramil.

(Pen Dim 0736)