JUM’AT BERSIH, BABINSA KARANGGENENG KORAMIL 12/TULIS DAN KKN MAHASISWA UNDIP BERSAMA WARGA MELAKSANAKAN KARYA BHAKTI

Tulis, Batang,  Jawa Tengah – Babinsa Koramil Koramil 12/Tulis Sertu Purwadi dan KKN Undip Semarang melaksanakan Karya Bakti Jum’at bersih bersama perangkat desa dan warga desa Karanggeneng membersihkan selokan serta jalan yang mulai tertutup oleh rerumputan liar dan pepohonan tak bertuan di Desa Karanggeneng kecamatan Kandeman kabupaten Batang. Jum’at (13/7/18).

“Salah satu tugas Babinsa adalah melaksanakan Karya bhakti yang merupakan salah satu metode Binter” hal ini merupakan cara mendekatkan babinsa dengan masyarakat dan kerja sama yang baik dan penuh dengan rasa kekeluargaan demi memajukan desa binaan untuk kabupaten batang serta nusa dan bangsa. Oleh sebeb itu babinsa sertu purwadi mengajak masyarakat desa binaanya untuk berupaya membersihkan lingkungannya terutama saluran air atau selokan, agar desa nampak indah asri serta menjadi aikon lingkungan sehat.

Sementara Danramil 12/Tulis melalui Sertu Purwadi mengatakan, salah satu tugas Babinsa adalah melaksanakan Karya bhakti yang merupakan salah satu metode Binter yaitu dengan bekerja secara bersama-sama dengan masyarakat dalam mewujudkan keindahan dan keamanan Desa, Agar tercipta kemanunggalan TNI dengan masyarakat yang kuat dan handal.

Menambahkan, memang tugas Babinsa cukup komplek sekali, pada intinya harus selalu bersama masyarakat binaannya. Babinsa harus selalu bersama masyarakat bahkan mendukung dan membantu kegiatan masyarakat di wilayah Desa binaannya, itulah yang memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Terangnya

“Seorang Babinsa harus berada ditengah-tengah masyarakat serta harus mampu berbaur dengan masyarakat Desa binaannya. Sehingga diharapkan dapat memecahkah permasalahan masyarakat yang sedang dihadapi, selain itu Babinsa merupakan Garda terdepan Satuan Kewilayahan yang langsung berhubungan dengan Masyarakat”.

Di sela-sela kegiatan tersebut Bapak Waluyo selaku kepala desa karanggeneng mengatakan, masyarakat sangat senang dan antusias dengan adanya kehadiran Babinsa di Desa, karena sangat membantu setiap kegiatan yang dilaksanakan di Desa terutama dalam Kerja Bhakti. Saya pribadi mengharap dengan kehadiran babinsa di desa bisa membantu kesulitan masyarakat sekelilingnya. Sehingga permasalan atau kesulitan di desa bisa terselesaikan dengan bantuan seorang babinsa. Ungkapnya.

(Pen Dim 0736)