ANGGOTA KORAMIL 03/GRINGSING LAKUKAN KEGIATAN BANTU PANEN PADI DI DESA KEBONDALEM KECAMATAN GRINGSING

Gringsing, Batang, Jawa Tengah – Hari ini Kamis tgl 21 Juni 2018 Anggota Koramil 03/Gringsing Lakukan Kegiatan Bantu Panen Padi di wilayah Desa Kebondalem Tempat Bapak Ihwan Poktan “Subur Makmur” Desa Kebon Dalem Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.

Di beberapa titik di Kecamatan Gringsing, Kabupatyen Batang, Jateng, masih terpantau kegiatan panen padi. Petani tampak seperti biasa begitu bersemangat memanen sawahnya, walaupun beberapa hari terakhir ini memang harga gabah di lokasi sekitar mereka cenderung sedikit turun.

Namun demikianlah tampaknya memang begitulah keseharian mereka pada umumnya. Karena menanam padi disamping untuk pemenuhan kebutuhan keluarga, juga terutama memang usahatani merupakan mata pencaharian andalan mereka. Apalagi di era zaman now, kehadiran negara di berbagai pelosok tanah air sangat kental, termasuk dukungan inovasi teknologi dan kelembagaan. Hal ini tentu makin membuat gairah bertani mereka meningkat tajam.

Sementara itu, Ketua kelompok tani “Subur Makmur ” menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa yang mendampingi kelompok tani secara penuh sejak penanaman hingga masa panen. “Apa yang kami lakukan ini sepenuhnya mendapatkan bimbingan dan pendampingan secara teknis oleh Babinsa. Pada panen saat ini dengan menggunakan penghitungan sistem ubinan mengalami peningkatan dari panen sebelumnya,” katanya.
petani di kelompoknya makin bersemangat untuk menanam padi dengan hasil dibanding sebelumnya, panen kali ini meningkat.

“Panen sebelumnya per hektare menghasilkan sekitar 3 ton, kini hasil panen bisa mencapai sekitar 4 sampai 4.5 ton per hektare,” ungkapnya

(Pen Dim 0736 )