KORAMIL 07/BANDAR HADIRI DAN AMANKAN TAKBIR KELILING


Bandar, Batang, Jawa Tengah – Takbir atau takbiran menjadi bagian yang tidak  terlepas dari dua hari raya islam, Idul Fitri dan Idul Adha. Keberadaannya menyemarakkan hari-hari raya tersebut, sekaligus menjadi syiar agama. Kegiatan inilah yang dilakukan oleh warga Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Kamis malam, (14/06/2018).

Kegiatan berlangsung sangat meriah dan berbalut nuansa islami. Pasalnya, acara yang  digelar setiap menjelang hari raya islam ini bukan hanya diikuti oleh warga masyarakat Bandar saja, akan tetapi turut hadir pula dalam kegiatan ini antara lain, Danramil 07/Bandar Kodim 0736/Batang, yang diwakili oleh Serka Sutrisno, Kapolsek Bandar Iptu Imam Sudrajat SE, Camat Bandar, yg di waikili Kasitrantib Kecamatan Bandar. Harnoto

Kegiatan yang dimulai setelah sholat isya’ ini mendapat sambutan yang sangat positif dari seluruh warga bandar, sepanjang jalan Desa Bandar-Blado dipenuhi warga yang ingin melihat pawai obor yang hanya bisa dilihat setiap menjelang dua hari raya islam ini. Disela-sela kumandang suara takbir yang tiada henti, tampak pula anggota Koramil 07/Bandar yang turun langsung ke lapangan untuk mengamankan dan mengawal jalannya acara takbir keliling yang digelar.

Danramil 07/Bandar, Kapten Inf Maryana melalui Sersan Kepala Sutrisno mengatakan, “Takbir keliling merupakan tradisi kebudayaan masyarakat Indonesia saat menyambut dua hari raya Idul Fitri dan Idul Adha yang perlu kita pertahankan dan lestarikan sebagai wahana untuk mempererat ukuwah islamiyah sesama umat muslim, sudah sepatutnya sebagai aparat kewilayahan untuk mengawal dan mengamankan acara ini agar terlaksana dengan lancar dan aman. Ini merupakan tanggung jawab spiritual Koramil 07//Bandar untuk membina dan mendorong para generasi muda di wilayah binaannya untuk turut melestarikan budaya-budaya luhur bangsa agar tidak terkikis/tersisih oleh budaya asing,” pungkasnya.

(Pen Dim 0736)