PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI PANTAU ARUS MUDIK DENGAN MELAKSANAKAN LIVE STREAMING/VICCON POS REST AREA EXIT TOL GRINGSING WILAYAH KORAMIL 03/GRINGSING KODIM 0736/BATANG

Gringsing, Batang, Jawa Tengah – Pos Rest Area Exit Tol Gringsing Desa Mentosari Kec.Gringsing Kab.Batang. Forkopimda kabupaten Batang beserta rombongan dan Forkopimcam Kecamatan Gringsing Mendapat arahan serta petunjuk dari Bapak Kapolri dan Bapak Panglima TNI ,Menteri PMK, Ketua DPR RI melalui Vidio conference.Di Pos Pam terpadu Exit Tol Gringsing 2018.Berlangsung Mulai Pukul 12.00 wib s/d 12.30 Wib.Minggu ( 10/06/ 2018 )

Pos Pam terpadu Lebaran Exit Tol Gringsing Kec. Grinsing Kab.Batang telah dilaksanakan video conference dengan Kapolri, Panglima TNI, Menteri PMK, Ketua DPR RI ,Bapak Bambang Susatyo dan rombongan dari Prov Jateng antara lain Bapak Pangdam IV/ Dip, Kapolda Jateng , Danrem 071/ Wk yang dihadiri pejabat pemerintahan Batang berjumlah 24 orang antara lain, Bpk Wihaji , Bupati Batang,Letkol Kav Henry Napitupulu , Dandim 0736/Batang beserta Kasdim 0736 Batang dan Danramil Grinsing,Kapolres Batang, AKBP Eddy Sinulingga S.Ik ,Bpk Murdiono, Kadishub Kab.Batang, Ibu Suresmi , kasatpol PP ,Kadinkes Kab.batang , Ibu B.hidayah Taufik, Forkopimcam Grinsing.

Beliau Bapak Panglima TNI dan Bapak Kapolri menerima paparan Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, yang didampingi Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto. Selanjutnya rombongan juga melaksanakan live streaming/viccon dengan Pos Pam terpadu Lebaran Exit Tol Kalikuto Gringsing Batang, Guna untuk mengetahui perkembangan situasi arus mudik di perbatasan antara Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal .

Pada kesempatan itu, Bapak Kapolda Jateng memaparkan bahwa di prov jateng ada 4 titik hambatan( kertasasari, kalikuto, krapyak dan km 43 tol salatiga ) namun yg menjadi hambatan paling utama dalam arus mudik lebaran tahun 2018 adalah Jembatan kalikuto yg belum selesai ( diperkirakan H-2 sudah selesai ).

Upaya yg dilakukan adalah sebelum hambatan tersebut kendaraan dikeluarkan sebelum jembatan kalikuto kemudian masuk lagi ke tol weleri.alam kesempatan itu, Kapolri memberikan penekanan agar di titik seperti di Kalikuto, Krincing, Kertasari dan Cikopo yang ada posko bersama yakni Polri, TNI, Basarnas, Pertamina, dan tim kesehatan, agar memperhatikan kesiapan ketersediaan makanan, dan juga fasilitas umum yang layak, utamanya toilet.

Untuk arahan Bapak Panglima TNI. Ada bebarapa permasalahan yang telah dijawab, ada kemungkinan kerawanan di wilayah cikopo, kertasari , kalikuto dan KM 43 Salatiga , disarankan agar dibuat Ruangan Kamar mini ICU untuk menanganani masalah kesehatan dan akan dikoordinasikan dengan Basarnas , buat rentinkon apabila ada kontijensi , siapkan helikopter yg dilengkapi dengan perlengkapan SAR , untuk wilayah jalur tengah kita menyerahkan kepada para Pangdam III/ Siliwangi dan Pangdam IV/ Diponegori untuk berikan pelayanan untuk setiap satuan kewilayahan agar dibuka untuk melayani masyarakat dan siapkan fasilitas yg diperlukan oleh pemudik.

Di samping itu menteri kesehatan.Dari dinas kesehatan sudah membuka rumah sakit dan pos kesehatan di sepanjang jalan yang dilewati guna melayani masyarakat dan pemudik. Menteri PMK, Ibu Puan Maharani J uga menyampaikan Agar pengamanan arus mudik ditingkatkan sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Bapak Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian . Menambahkan “Saatnya sekarang pemerintah hadir untuk mengatasi beberapa titik hambatan pada arus mudik lebaran tahun 2018, harapannya semua unsur bekerja maksimal untuk mensukseskan arus mudik di tahun ini” Menteri PUPR.Bpk Ir.M.basuki Hadimulyon Dalam penyampaianya ” Kalikuto kita kejar maksimal agar bisa digunakan H- 2 Lebaran ”

Dalam pantauan itu, hadir juga Menko PMK Puan Maharani, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.‎ Selanjutnya Panglima TNI dan rombongan melanjutkan pemantauan arus mudik melalui udara menuju wilayah Kodam V /Brawijaya. Jïawa Timur.‎

(Pen Dim 0736)