Mendampingi dan meninjau usaha kecil dan menengah memproduksi kripik tempe

Tulis, Batang, Jawa Tengah – Bamin bhakti TNI Sertu Winarno dan babinsa Koptu Mujianto Anggota Koramil12/tulis Kodim 0736/Batang mendampingi dan meninjau serta membantu mengembangkan produksi kripik tempe, kripik dele dan kripik kacang Milik pengusaha ibu Purwani di desa simbangdesa, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang. Minggu (10/6/18).

Sebagai wadah wilayah Pembinaan teritorial yang dilaksanakan secara rutinitas oleh Babinsa salah satunya dengan meninjau dan mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ditengah-tengah masyarakat dalam memperdayakan perekonomian masyarakat terutama golongan kecil menengah di wilayah desa binaan.

Usaha yang dikembangkan oleh ibu Purwani (48) melalui produksi bahan baku tepung dan kedelai yakni Kripik Tempe, Kripik Dele dan Kripik kacang yang merupakan ciri khas milik Indonesia. Usaha membuat kripik tempe sudah ditekuni berjalan lebih kurang 15 tahun lamanya dan hasil produksinya dijual melalui dititipkan tiap warung maupun toko sampai ada juga yang datang langsung ketempat produksi samapai live chet Via Hp. Dengan hasil usaha tersebut, ibu Purwani (48) merasa sangat tercukupi kebutuhan sehari-hari di dalam rumah tangganya.

Pada kesempatan itu Sertu Winarno mengatakan dilain tempat, produksi makanan yang menggunakan bahan baku kedelai yang telah di kenal mulai sejak lama di Indonesia mempunyai cita rasa khusus yang nikmat, bergizi tinggi serta harganya juga cukup dinamis terjangkau buat familier dikonsumsi oleh masyarakat kelas menengah kebawah.

Lanjutnya, Dalam pendampingan Ketahanan Pangan (Hanpangan) dengan mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UMK) untuk membantu meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat, dengan adanya pendampingan Babinsa sangat perlu guna memberikan pengawasan usaha kecil tersebut agar menghasilakan produck terbaik kepada konsumen,katanya.

Ibu Purwani (48) pengusaha kripik tempe. Kripik dele dan kripik kacang mengungkapkan,“saya sangat senang dengan kehadiran Babinsa ke tempat usaha kami,walaupun disini banyak asap dan panas tapi saya melihat Babinsa begitu ulet dalam membantu proses pembuatan kripik, sehingga kami merasa mendapatkan teman untuk berkonsultasi demi usaha kecil kami kedepanya” pungkasnya.

(Pen Dim 0736)