DANDIM BESERTA PERWIRA STAF DAN ANGGOTA KORAMIL 03/GRINGSING SERTA DANRAMIL DI JAJARAN KODIM 0736/BATANG MELAKSANAKAN PANEN PADI DEMPLOT SAWAH KODIM 0736/BATANG DI WILAYAH KECAMATAN GRINGSING

Gringsing, Batang, Jawa Tengah – Demplot pertanian Padi Kodim 0736/Batag yang berada di wilayah Desa Gringsing, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang mengasilkan 5,5 Ton padi Gabah Kering, Hal ini guna untuk mendukung serta mewujudkan ketahanan pangan, Komandan kodim (Dandim) 0736/Batang Letkol Kav. Henry Rudi Judiyanto Napitupulu S.Sos. Beserta Perwira Staf dan Danramil di jaran Kodim 0736/Batang dan Anggota Koramil 03/Gringsing Gelar panen raya di demplot pertanian Padi Kodim 0736/Batang Dusun Dempet, Desa Gringsing Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Jawa Tengah, Jum’at ( 08/06/2018 ).

Acara panen padi jenis Situ Bagendit, juga di hadiri oleh kepala Bp3K Kecamatan Gringsing Ibu Rokhati, kegiatan tersebut dapat berlangsung secara lancar dan disambut antusias oleh para petani, Demplot pertanian Padi Kodim 0736/Batang. Bekerjasama dengan petani dari Desa Gringsing saat ini telah menuai hasil. Tanaman padi yang seluas 1 hektar itu, menghasilkan 5, 5 ton Gabah kering.

Turut hadir Dalam kesempatan giat tersebut adalah, Dandim 0736/Batang, Para Pasi Dim 0736/Batang,Para Danramil Jajaran Dim 0736/Batang, Ketua BP3K Kecamatan Gringsing, Kades Gringsing, Mentosari, Kutosari, dan Kades Desa Lebo, Gapoktan Wilayah Desa. Gringsing, mentosari, Kutosari dan lebo. Anggota Koramil 03/Gringsing, Koramil 02/limpung, Koramil 06/ tersono.

Dandim Batang Letkol Kav Henry Rudi Judiyanto Napitupulu S.Sos.sangat gembira. Wajahnya berseri-seri. Bahwa panen ini menunjukkan langkah ketahanan pangan yang dilaksanakan TNI, mendapatkan hasil yang optimal.TNI sebagai Pembina telah berhasil menunjukkan bahwa produksi pangan dapat optimal dengan kerja yang maksimal.

Luas lahan 1 hektar ini menjadi lahan uji coba, dengan tujuan untuk perbandingan padi lokal dengan bibit baru yang datang langsung dari BP3K Jenis Situ Bagendit. Selaku tenaga pendamping produksi padi sawah ini, TNI memberikan dukungan tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen. Hasil panen yang maksimal ini, diharapkan menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah kecamatan Gringsing kabupaten Batang.

Di samping itu untuk peningkatan ketahanan pangan dan mewujudkan swasembada pangan nasional, telah disanggupi TNI untuk diberdayakan ke masyarakat Indonesia. Penanaman demplot padi sawah wilayah Kodim 0736/Batang membuktikan bahwa ketahanan pangan di Indonesia dapat terwujud.

Menurut Letkol Kav Henry Rudi Judiyanto Napitupulu S.Sos tugas tambahan yang diemban prajurit TNI, bukan mengambil pekerjaan pemerintah, melainkan membantu pemerintah dan masyarakat petani, agar mampu mengaplikasikan swasembada pangan, padi, jagung, kedele, gula dan daging sapi, seperti diamanahkan Presiden Bapak Ir.Joko Widodo.

Danramil 03/Gringsing juga menyampaikan Demlot Pertanian Padi Kodim 0736/Batang merupakan Bentuk Kepedulian Prajurit TNI Khususnya Kodim 0736/Batang, dalam Rangka mendukung Pemerintah mewujudkan ketahanan pangan sebagai pilar perekonomian Bangsa dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di wilayah.

(Pen Dim 0736)