ANGGOTA KORAMIL 03/GRINGSING DAMPINGI PANEN PADI

Gringsing, Batang, Jawa Tengah – Anggota Koramul03/Gringsing bantu dampingi panen padi di Desa Kebondalem Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, Jawa Tengah. bulan ini, petani di sejumlah daerah di wilayah Kecamtan Gringsing, Batang, dan wilayah sekitarnya telah memulai panen raya masa tanam pertama (MT 1). Mereka pun bersiap mempersiapkan lahan untuk tanaman musim kedua (MT 2). Selasa ( 5/6/18 )

Beragam metode tanam digunakan untuk memacu agar hasil panen padi melimpah. Mulai tanam teknis tradisional, jejer legowo, hingga teknik The System of Rice Intensifications (SRI). Masa tanam kedua, petani di kawasan sawah tadah hujan atau marginal, berhadapan dengan minimnya sumber pengairan. Mereka pun beradu cepat dengan kemarau yang biasanya tiba pada akhir Juni atau Juli bulan depan. Harapannya, saat kemarau tiba, tanaman padi telah berbuah atau setidaknya telah dewasa, sehingga relatif resisten terhadap cekaman kekeringan. Sayangnya, sering kali hasil panen padi jauh dari yang diharapkan.

Sebab itu, petani tadah hujan pun memilih varietas padi jenis cere atau hibrida yang berumur pendek dan dipadukan teknik tanam tertentu. Terutama agar tanaman padi mereka tetap menghasilkan panen melimpah pada musim kemarau. Untuk meningkatkan pendapatan petani di kawasan tadah hujan,Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto mengembangkan teknologi Salibu Jarwo Super, yakni teknik tanam yang memungkinkan petani panen padi setidaknya dua kali dengan hanya tanam padi sekali. Penerapan Teknologi Salibu Jarwo Super
Dengan teknik Salibu Jarwo Super, tunas padi yang tumbuh dimanfaatkan untuk tanaman berikutnya.

( Pen Dim 0736 )