BABINSA MENDAMPINGI PETANI MEMUPUK PADI DI DESA TEGALSARI

TULIS, Batang, Jawa Tengah – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/tulis Kodim 0736/Batang Serda Gusman mendampingi petani memupuk tanaman padi di areal persawahan milik Bapak Kiswandi (55) petani Desa Tegalsari Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Senin (04/6/18). Kegiatan ini dilaksanakan guna mencapai program swasembada pangan, dimana perlu usaha yang maksimal dari para petani, salah satunya melaksanakan pemupukan tanaman padi secara teratur dan terjadwal sehingga kesuburan tanah tetap terjaga.

Danramil 12/tulis Kapten Inf Supirno mengatakan “yang dilakukan para Babinsa adalah pemberian pupuk nonorganik juga perlu sebagai kombinasi pupuk organik. Keuntungan dari kombinasi kedua jenis pupuk tersebut adalah dapat saling menutupi yaitu jika pupuk nonorganik kurang maka dapat dipenuhi oleh pupuk organik maupun sebaliknya,” jelasnya. Lebih lanjut, Danramil mengatakan kegiatan pendampingan babinsa terhadap petani sangat dirasakan manfaatnya, sehingga kendala-kendala atau hal-hal lain yang belum petani ketahui dapat di sampaikan kepada Babinsa untuk dikoordinasikan dengan PPL Kecamatan dengan harapan kendala tersebut dapat teratasi.

“Selain dilaksanakan pemupukan tanaman padi, Babinsa juga melaksanakan pengecekan terhadap ketersediaan pupuk yang ada di gudang Kelompok Tani. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pendampingan Babinsa kepada para petani yang ada di wilayah Kecamatan Kandeman” ungkapnya.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah di kabupaten Batang, Kapten Inf Supirno juga mengungkapkan “Untuk meningkatkan produktifitas panen, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan, sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.

Menambahkan Babinsa Serda Gusman mengatakan pendampingan  mulai dari pengolahan lahan sawah, pengecekan bibit padi yang unggul, penanaman  padi, pemberian pupuk padi sampek dengan panen padi bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat petani agar lahan sawah yang ada di desa terus dijaga. Sehingga kebutuhan swasembada pangan bisa terus meningkat.

( Pen Dim 0736 )