ANGGOTA KORAMIL 03/GRINGSING PATROLI BERSAMA DENGAN POLSEK PANTAU WILAYAH

Grinsing, Batang, Jawa Tengah – Anggota Koramil 03/Gringsing Jajaran Kodim 0736/Batang bersinergi dengan Polsek Gringsing untuk mengamankan wilayah Jelang Pilkada Jateng. 2018 di kecamatan Gringsing.Senin ( 04/06/2018 ).

Satu bentuk kerjasama antara TNI dan POLRI dalam melakukan pengamanan yakni dengan menerjunkan Anggota Babinsa dan Anggota Babinkamtibmas untuk berpatroli bersama. Danramil 03/Gringsing Kapten Infantri Sugito , Menyampaikan Anggota Babinsa dan Babinkamtibmas merupakan Ujung Tombak dan garda terdepan di instansi TNI dan POLRI untuk melakukan pendekatan ke masyarakat.

“Babinsa dan Babinkamtibmas merupakan petugas  yang berada di wilayah Pedesaan dan ujung tombak serta garda paling depan di masyarakat. Diharapkan, dengan berpatroli bersama, ancaman keamanan terkait Pilgub dapat diketahui sejak dini,” kata Danramil 03/Gringsing Kapten Infantri Sugito. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi gesekan-gesekan yang terjadi di masyarakat saat  Pilgub Jateng 27 Juni 2018 Mendatang. Selain itu, Babinsa dan Babinkamtibmas, dapat berfungsi sebagai pencari informasi dari masyarakat Bapulket dan sebagai bagian dari intelijen.

“Orang berkumpul itu satu dulu, kemudian dua dan seterusnya, tidak langsung banyak. Oleh karena itu, Babinsa dan Babinkamtibmas sangat berperan untuk memberikan informasi sehingga semua ancaman keamanan dapat ditangkal,” jelasnya.

Dengan demikian, informasi yang didapatkan mengenai ancaman yang berpotensi membuat situasi di wilayah Kecamatan Gringsing, jadi keruh dapat diketahui untuk ditindak lanjuti. “Babinsa dan Babinkamtibmas nantinya akan bekerjasama dengan kepala desa atau lurah serta pertahanan sipil yang ada di tiap-tiap desa,” jelas Kapten Sugito. Keduanya merupakan Ujung tombak garda terdepan. Semua ancaman terkait Pilkada dapat diketahui dengan cepat dan melaporkannya sehingga ancaman keamanan bisa diminimalisir bahkan dicegah,” imbuhnya.

( Pen Dim 0736 )