KORAMIL WARUNGASEM,PUSKESMAS DAN PERANGKAT DESA CEK PEMBANGUNAN BANTUAN STIMULAN JAMBAN

Warungasem, Batang, Jawa Tengah – Untuk memenuhi kualitas kesehatan masyarakat, dinas kesehatan kabupaten Batang Jateng melalui puskesmas Warungasem memberikan bantuan stimulan jamban untuk 60 rumah di kecamatan warungasem 1 bulan yang lalu. Untuk memastikan pelaksanaanya sudah sesuai atau belum puskesmas bekerjasama dengan koramil 11/Warungasem melaksanakan pengecekan langsung terhadap rumah penerima bantuan stimulan jamban.   Minggu (27/05/2018).

Tim melakukan pengecekan dari rumah ke rumah didesa Lebo Kecamatan Warungasem untuk memastikan pembangunanya sudah memenuhi syarat atau belum. Syarat idealnya antara closet, septic tank dengan sumur sejauh 15m. Dengan jarak tersebut maka bakteri yang kerap menjadi penyebab menularnya penyakit TBC, diare dan sejenisnya tidak akan meresap kedalam sumur. Tetapi karena keterbatasan lahan banyak penemuan dilapangan yang tidak memenuhi syarat tersebut, kalaupun jaraknya kurang dari 10 atau 15m diharapkan agar masyarakat tidak mengkonsumsi air tersebut.

Dalam kegiatan ini kepala puskesmas Warungasem dr.Millati melalui ibu Dewi menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu mulai dari sosialisasi,penyaluran sampai dengan pengawasanya terhadap pembangunan stimulan jamban tersebut,”terimakasih pak Batuud dan babinsa koramil Warungasem yang dari awal ikut membantu program bantuan tersebut.diharapkan kerjasama seperti ini dapat terus berlanjut dalam kegiatan apapun nanti kedepannya.”pungkasnya.

Batuud Koramil Warungasem Pelda Slamet Bokari menambahkan bahwa Koramil Warungasem selalu siap mendampingi kegiatan ini, karena pada intinya kita adalah tentara pejuang dan tentara rakyat untuk itu jika rakyat membutuhkan kami dari koramil dengan senang hati akan membantu. Kami dari koramil juga mengapresiasi program bantuan stimulan ini, semoga dengan bantuan ini, dapat meningkatkan kesehatan lingkungan kita.”ucapnya.

(Pen Dim 0736)