PENDAMPINGAN PETANI TANAM PADI MENGGUNAKAN TRANSPLANTER OLEH BABINSA KORAMIL 12/TULIS


Tulis-Kandeman, Para petani di Desa Tegalsari mulai menanami sawah milk mereka dengan tanaman padi, sebagian dari mereka kini beralih dari cara penanaman menggunakan tenaga manusia ke peralatan mesin. Beberapa personel TNI Dari Koramil 12/tulis Kodim 0736/Batang dikerahkan untuk melakukan pendampingan kepada para petani yang menggunakan mesin tanam padi atau transplanter. Kamis (24/5/18).

Babinsa Serda Afandi turun ke sawah mendampingi para petani yang hendak bercocok tanam padi dengan menggunakan mesin transplanter, Penanaman dilakukan di lahan seluas 0,3 hektare milik pak Sakhir (55). Hadir dalam kegiatan tersebut, Batituud Pelda Awali dan Delapan (8) Anggota Babinsa Koramil 12/tulis, Mustafa Ketua BP3K, Bambang Ketua PPL Kandeman dan para petani.

Danramil Kapten Inf Supirno melalui Batituud Pelda Awali mengatakan, selama ini para Babinsa dikerahkan mendampingi para petani dari proses penyemian Bibit padi, bercocok tanam, pemeliharaan tanaman hingga memasuki masa panen. Menurutnya, seiring era mekanisasi pertanian, para Babinsa pun turun lapangan mendampingi petani menggunakan mesin-mesin peralatan pertanian.

”Diharapkan dengan turunnya Babinsa di sawah sebagai pendamping Dan penyuluh para petani di wilayah binaannya, Agar kualitas penanaman menjadi lebih baik lagi dan hasil panen yang diperoleh kelak dapat meningkat,” ujarnya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk nyata pendampingan terhadap petani dan salah satu tugas teritorial dalam mewujudkan program pemerintah untuk menyukseskan swasembada pangan di wilayah binaanya.

Disamping itu, kegiatan yang dilakukan para Babinsa tersebut, merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dan masyarakat. ”Dengan adanya pendampingan dari Babinsa yang turun langsung membantu petani, membuat kami para petani makin termotivasi bercocok tanam dengan baik. Hasil panen musim lalu cukup bagus, antara lain berkat pendampingan yang dilakukan aparat TNI. Semoga musim tanam tahun ini hasil panen lebih meningkat lagi,” kata Sakhir.

(Pen Dim 0736)