KEBERSAMAAN BABINSA DENGAN PERANGKAT DESA

Gringsing–Babinsa merupakan petugas Komando Kewilayahan yang bertugas di tingkat Desa sampai dengan kelurahan, serta mengemban fungsi Teritorial dengan cara menjalin mitra karib/Kemitraan dengan warga masyarakat yang ada didesa binaannya untuk mengedepankan misi TNI AD dan Babinsa Sebagai ujung tombak TNI , dalam menjalin mitra karib Babinsa melaksanakan pendekatan kepada warga masyarakat seperti menjalin silaturahmi dengan perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat serta elemen lainnya yang ada didesa binaannya.

Seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 03/Gringsing Serda Kurdi yang pada Kamis (24/05/18) melaksanakan kegiatan menyambangi Desa binaan dan bertemu langsung dengan Sekdes dan Perangkat Desa Yosorejo.

Kegiatan sambang Desa yang rutin dilaksanakan, Selain melaksanakan silaturami juga sebagai upaya anggota Koramil 03/Gringsing melalui Babinsa untuk selalu melekat dengan masyarakat sehingga segala informasi dapat didapatkan dari Kepala Desa maupun dari masyarakat serta perangkat.

Komandan Koramil 03/Gringsing Kapten Infantri Sugito, Menekankan kepada Anggotanya,”Babinsa wajib tahu situasi dan Kondisi di wilayah Desa Binaan, dan harus paham mengenali Desanya, tentang kondisi sosial masyarakatnya, Geografi, Demografi, dan Kondisi Sosial di wilayah Desa tersebut, sekaligus untuk mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang tugas kewilayahan.”imbuhnya.

kegiatan sambang ke Desa binaan yang dilakukan oleh Babinsa merupakan kegiatan wajib dan rutin, karena merupakan ujung tombak bagi TNI-AD untuk mengetahui segala informasi yang ada didesa binaannya, Dengan demikian akan tercipta situasi yang aman dan kondisif di Wilayah Desa tersebut.

“Kegiatan sambang Desa ini rutin dilaksanakan oleh Babinsa didesa binaannya setiap hari sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat juga memberikan pesan pesan keamanan, diantaranya menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan guna mencegah terjadinya tindak kriminalitas,” Danramil Gringsing.

“Tujuan dari Serda Kurdi yang mengunjungi perangkat Desa Yosorejo adalah untuk menumbuhkan rasa solidaritas diantara anggota Koramil 03/Gringsing dan menumbuhkan rasa kepedulian lingkungan serta ikut bekerja sama dan saling membantu tugas Babinsa dan tugas perangkat desa guna mewujudkan situasi dan kondisi yang kondusif,” pungkas Danramil 03/Grinsing Kapten Infantri Sugito.

(Pen Dim 0736)