BABINSA DAN PETANI CEK SALURAN IRIGASI

Gringsing- Babinsa Koramil 03/Gringsing Kodim 0736/Batang, Sertu Pursugiyanto Bersama Bapak Triantoro petani penggarap sawah Poktan Sendang Wungu melaksanakan kegiatan pengecekan irigasi yang mengaliri air sepanjang lahan pertanian Desa Kutosari Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Jawa Tengah, Kamis 24/05 /2018.

Kegiatan pengecekan irigasi merupakan bagian dari tugas pendamping desa dalam pendampingan pertanian sekaligus tanggung jawab kita bersama, sehingga semua petani dalam melakukan musim tanam tidak terhambat, selain itu juga dalam rangka mendukung Program Pemerintah tentang Ketahanan Pangan dan swasembada pangan agar bisa terlaksana dengan baik.

Sertu Pursugiyanto menyampaikan “pengecekan saluran irigasi itu sangat – sangat perlu dilakukan, kemudian, kita mengajak masyarakat untuk membersihkan saluran irigasi yang masih banyak ditumbuhi rumput-rumput. Untuk Saluran yang dipenuhi rumput dan sampah akan kita bersihkan, jangan sampai terganggu aliran air ke sawah, dan agar masyarakat dapat dengan mudah menanam padi maupun mengolah lahan sawah nya.”

Hampir sebagian besar petani di Indonesia menanam padi di persawahan yang teraliri air irigasi, Yang bersumber dari saluran irigasi teknis ataupun non teknis. Dengan dukungan sistem pengairan yang ada dan tanpa kendala dengan pengairan irigasi yang lancar, umumnya para petani di Indonesia bisa menanam dan panen padi 3X dalam satu tahun.

Untuk itu saluran irigasi perlu pengecekan dan perawatan agar aliran tersebut bisa lancar dan tidak terhambat, Segera bisa di manfaatkan oleh para pemilik sawah Bapak – bapak petani di desa Kutosari ini, Perlu untuk memperhatikan dan mengecek saluran irigasi yang masih dipenuhi rumput, untuk mengupayakan nya suatu normalisasi di saluran irigas tersebut, dengan secara manual agar supaya aliran air ke pesawahan warga, menjadi lancar. Disamping itu mengecekan debit air guna pengairan ke sawah biar cukup, sampai dengan padi bisa di panen lagi.

sehingga dengan adanya petani bisa panen 3 X dalam setahun. Juga bisa menambah dan meningkatkan produktifitas pertanian. Dan kesejahteraan para petani bisa meningkat dengan baik “Kalau petani sejahtera, Bangsa Indonesia akan sejahtera ” Pungkas Danramil 03/ Gringsing Kapten Infantri Sugito.

(Pen Dim 0736)