MEPERINGATI HARKITNAS DAN BABINSA SERMA SOEKARNO MENJADI DAN UPACARA DI KECAMATAN TULIS

 

 

Danramil 12/tulis yang diwakili Sertu Purwadi Menghadiri Upacara Harkitnas dan Babinsa Serma Soekarno sebagai Komandan Upacara, pelaksanaan Upacara berlangsng di Halaman Kecamatan Tulis. Senin (21/5/18) pukul 08.00- 08.37 Wib. Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) setiap tanggal 20 Mei. Pada tahun 2018 ini, peringatan Harkitnas sudah berusia 110 tahun, dihitung sejak proses sejarah yang ditandai dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Penetapan Hari Kebangkitan Nasional didasari pada nilai sejarah yang tertanam saat lahirnya Boedi Oetomo, 20 Mei 1908. Kendati begitu, bangsa ini baru memperingatinya 40 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1948, atau ketika bangsa Indonesia baru berusia 3 tahun. Peringatan Harkitnas itu sendiri mengusung tema “PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA, MEMPERKUAT PONDASI KEBANGKITAN NASIONAL DALAM ERA DIGITAL”.

Camat Tulis Wawan Hermansyah  selaku pembina upacara menyampaikan sambutan Mentri Komonikasi dan Informatika RI. Ketika rakyat berinisiatif berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai kumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa, kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup,  asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama : Kemerdekaan bangsa.

Dulu kita bisa, dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi, dengan keterbatasan teknologi untuk berkomonikasi, berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa. Seharusnya sekarang kita juga bisa, sepikul berdua, menjaga dunia yang serba digital ini, agar menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti, yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita.

Selamat Hari kebangkitan Nasional ke 110. Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing, Sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang.

Pelaksanaan Upacara tersebut nampak hadir Wawan Hermansyah Camat tulis, Danramil 12/tulis yang diwakili Babinsa Sertu Purwadi, Kapolsek yang diwakili Waka Polsek Iptu Agus, Babinsa Serma Sukarno sebagai Komandan Upacara, Muspika sekecamatan Tulis Serta Murid Siswi dari SMP N 1 Tulis.

(Pen Dim 0736)