Kembangkan Potensi Perikanan Air Tawar, Babinsa08/Wonotunggal Bantu Warga Mengembangkan Ikan Nila

Potensi perikanan air tawar yang yang belum terexsplore secara optimal Koramil 08/Wonotunggal untuk mendorong swadaya masyarakat mengembangkan perikanan air tawar, melalui pembuatan kolam bibit ikan air tawar bersama sama dengan warga masyarakat Wonotunggal.

“Denganadanya kolam percontohan ini, diharapkan bisa menginspirasi dan menggerakan warga lainnya untuk membuat kolam yang sama di areal mereka masing masing, sehingga bisa memberikan pemadukan tambahan bagi tiap keluarga,” kata Serda Rumhadi, Babinsa Koramil 08/Wonotunggal, Minggu (20/05/18) disela sela memerlihatkan kolam yang sudah terisi ikan.

Pembangunan kolam ikan nila ini, awalnya Bapak Kepala Desa Wonotunggal Ahmad Rohani dan Bapak Suripno yang diutarakan kepada kami, lokasinya dilahan sendiri, dan menindak lanjuti keinginan warga kami kordinasi dengan Danramil, Kapten Cba Dwi kistanto dan kami bersama Babinsa ikut mempersiapkan pembangunan kolam bibit ikan dimaksud, kerjasama anggota dengan beberapa warga sekitar kolam ikan, kata Serda Rumhadi.

Kolam bibit ikan yang di buat bermacam macam ukuran ada yang 3X12 M ada juga ber ukuran 7X7 M dinding terbuat dari batu kali, bertujuan untuk menghindari keretakan/kebocoran. Ikan nila sengaja dipilih untuk dikembangkan karena permintaan pasar ikan ini cukup tinggi mudah di pelihara dan mudah pengairannya tepat untuk daerah Wonotunggal, dan bisa memperbaiki ekonomi masyarakat, kolam ini bisa menjadi pelopor dan percontohan bagi masyarakat, tambahan Serda Rumhadi.

(Pen Dim 0736)