Cegah Kerusakan Alsintan Babinsa Koramil 10 Batang Lakukan Perawatan

Babinsa Koramil 10/Batang Sertu Joko Umbaran melakukan pendampingan pada petani dalam penyiapan lahan pertanian, tanam, hingga panen raya. Termasuk dalam pemeliharaan dan pencegahan (Harcegah) serta perawatan, pembersihan dan Perbaikan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), Kamis (17/05/18).

Kementerian Pertanian mengembangkan tehnologi pertanian terutama Alat Mesin Pertanian (Alsintan) untuk wilayah Koramil 10/Batang. Alsintan yang kerap digunakan Babinsa, petani dan kelompok tani, diantaranya Traktor dan Transplanter (mesin tanam padi).

Danramil 10/Batang Kapten Inf A.Mutholib mengatakan, “perkembangan Alsintan menuntut Babinsa terampil mengoperasionalkannya. Babinsa harus memotivasi petani dan kelompok tani agar disiplin menggunakan alsintan dengan memperhatikan cuaca,”jelasnya.

Lanjut Danramil juga mengingatkan perawatan Alsintan serta ketrampilan mengoperasionalkan.”Keuntungannya, alat modern itu menghemat waktu dan tenaga, dengan mesin dan mengurangi ongkos pengeluaran hingga 50%,”ujarnya.

Ditempat terpisah Babinsa Sertu Joko.U menambahkan “dengan penggunaa Alsintan ini juga memudahkan Babinsa melaksanakan pendampingan pengolahan lahan maupun penanaman hingga sampai panen padi raya,”tutupnya.

(Pen Dim 0736)