Babinsa Wonotunggal Dampingi Kemitraan Bidan Dan Dukun Bayi

Babinsa Koramil 08/Wonotunggal melaksanakan pendampingan kemitraan antara bidan dan dukun bayi, Bukan di bidang pertanian saja, Babinsa juga melaksanakan pendampingan program di bidang lain, termasuk di bidang kesehatan. di Balai Desa Dringu kecamatan Wonotunggal, Senin(14/06/18).

Acara tersebut dihadiri oleh Dokter puskesmas Wonotunggal bp komarudin, petugas Dinas Kesehatan bpk Suhadi, Bidan desa ibu Fitrianingsih dan dukun bayi yang berada di wilayah Desa Dringu.

Dokter puskesmas Komarudin menyampaikan kemitraan antara Bidan dengan Dukun bayi merupakan langkah yang tepat untuk dilaksanakan karena adanya kemitraan antara bidan desa dan dukun bayi di Wilayah dapat menekan angka kematian saat sebelum, proses maupun pasca persalinan.

“Pertemuan ini diharapkan memberikan pemahaman semua pihak sehingga ibu hamil selama masa kehamilan sampai proses melahirkan dapat secara intensif ditangani,” jelasnya.

Sementara Babinsa Desa Dringu Serda Rumhadi mengatakan untuk mengurangi adanya korban pada saat persalinan perlu penanganan yang tepat oleh tenaga medis, disamping itu diharapkan para dukun bayi memotivasi ibu hamil yang ada di wilayah agar memeriksakan kehamilannya secara rutin dan terpadu periodik.

“Diharapkan kerjasama serta kesepahaman antara bidan desa dan dukun bayi di wilayah terutama tentang masalah pendataan ibu hamil dan balita sehingga dapat diketahui jumlahnya guna dapat diambil langkah penanganan yang tepat demi menjaga kesehatan ibu hamil dan balita serata juga dapat meminimalisir angka kematian dalam proses persalinannya,” pungkasnya.