ANGGOTA KORAMIL 03/GRINGSING BANTU PETANI TANAM PADI DENGAN TRANSPLANTER

Anggota Koramil 03/Gringsing membantu petani guna mempercepat terwujudnya swasembada pangan nasional, Jajaran TNI dari Babinsa bersama PPL terus mendampingi tanam padi petani dengan menggunakan Transplanter.

Keikutsertaan Anggota koramil 03/Grs, Peltu Haryana bersama PPL di lahan kelompok tani Tunggorono Desa Sidorejo milik lahan Bapak Rofi’i , seluas 0,5 hektar merupakan bagian dari Upaya Khusus Program Ketahanan Pangan MOU Menteri Pertanian dengan Kepala Staf Angkatan Darat, dengan harapan petani mampu meningkatkan produksi pangan.

Menurut anggota Kelompak Tani (PokTani) Tunggorono Bapak Rasmadi pendampingan ini memberikan manfaat, secara tehnis, pasalnya selama petani tanam secara tradisional, kini mengolah sawah secara modern dengan peralatan mesin Tranplanter. Peltu Haryana mengatakan, sebagian besar petani belum dapat mengoperasionalkan alat tersebut karena belum tahu cara penggunaanya.

“Kami memberikan pelatihan dan memberikan wawasan atau pengetahuan bagaimana cara untuk menggunakan alat pertanian padi ini atau transplanter, para Babinsa Koramil 03/Gringsing memberikan pelatihan kepada kelompok tani yang ada di wilayah Kecamatan Gringsing. Kegiatan ini sengaja dilakukan agar para petani yang ada di Gringsing dapat menggunakan atau bisa mengoprasikan alat tanam padi ini, sehingga kedepanya akan membuat usaha padi menjadi lebih efisien, produktifitas meningkat dan berujung pada kesejahteraan para petani. Karena Transplanter merupakan alat penanam bibit dengan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang seragam sehingga penanaman padi akan semakin cepat dan bagus, ujar Peltu Haryana.

( Pen Dim0736))