Babinsa Bersama Warga Turun Kesawah Membasmi Hama Tikus

Dalam upaya menekan populasi tikus sawah, para Babinsa Korami l13/Banyuputih, bersama petani, serta warga melakukan pembasmian massal memburu hewan pengerat ini, Jumat (11/05/2018) Pukul 08.00 wib. Kegiatan ini sebagawai wujud kepedulian bersama akan ketahanan pangan di Kabupaten Batang, khususnya di Dukuh Kebutan Desa Kalibalik.

Kegiatan pembasmian hama tikus ini dilakukan oleh para Babinsa dari Koramil 13/Banyuputih bersama PPPL Kecamatan Banyuputih dan aparat Desa Kalibalik, Kecamatan Banyuputih. Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana caranya berburu hama tikus menggunakan bahan Kimia PETROKUM 0,005 BB yang diberi dari dinas terkait. Menurut Kepala Desa (Kades) Kalibalik Bapak Kuat Basari, kegiatan berburu hama tikus tersebut dalam upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama padi, khususnya tikus. “Karena serangan hama tikus hampir setiap musim tanam, yang terjadi saat-saat beberapa hari lagi padi akan dipanen,” ungkapnya.

Di waktu yang sama Babinsa Serka Hermansyah menyampaikan, bahwa apa yang mereka lakukan ini merupakan salah satu dari beragam cara memberantas hama di sawah bagi para petani, selain dengan membunuh hama lewat bahan kimia. “Yang jelas cara ini alami serta bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotong royongan,” katanya di sela-sela kegiatan memburu tikus.

Sementara itu, komandan Koramil (Danramil) 13/Banyuputih, Kapten Arm Rasmono, menjelaskan bahwa keterlibatan TNI-AD (Koramil) dalam kegiatan perburuan hama tikus tersebut sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama. Apa yang mereka lakukan tersebut, menurutnya, merupakan pendampingan terhadap petani, sebagai tindak lanjut MOU TNI dengan Kementerian Pertanian, dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Desa Kalibalik, dengan menurunkan seluruh Babinsa, untuk bergabung dan mendampingi para petani, dan mudah-mudahan akan membuahkan hasil yang maksimal,” ujarnya.

(Pen Dim 0736)