Babinsa Membantu Petani Panen Padi didesa Binaan

Panen raya padi dilakukan diĀ Desa Lebo,Gringsing, Batang, Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini Personil Babinsa Koramil 03/Gringsing Peltu Haryana , mendampingi para petani dalam panen tersebut.

Usai kegiatan, Peltu Haryana mengatakan bila panen ini dilakukan sebagai bentuk Babinsa untuk meringankan Beban para petani, khususnya di wilayah Koramil 03/Gringsing Kodim 0736/Batang. Dan Agar para petani lebih semangat dan giat lagi untuk mengolah sawahnya dengan adanya pendampingan dari para Babinsa.
Kegiatan ini merupakan wujud nyata Babinsa dalam pendampingan petani di wilayah kecamatan Gringsing, Minggu (06/05/2018).

“Jadi pendampingan dari Koramil , ini tak hanya dilakukan saat panen saja, tapi sejak mulai menanam padi, dan merawat padi hingga sekarang ini. Para Bapak Babinsa senantiasa memberikan pendampingan dan bantuan kepada petani Gringsing,” papar Nardi salah satu warga Desa Lebo.

Maka dari itu, Bapak Nardi pun berharap pemerintah terus memperhatikan kesejahteraan petani dengan terus melakukan pendampingan dan mempertahankan lahan sawah.

Ketua Kelompok Tani ” Jaya Makmur “, Bapak Sunaryo, menambahkan padi yang dipanen pada kegiatan ini merupakan jenis padi Ciherang.”Sepetak lahan padi yang kami panen ini memiliki luas 2.300 m2,” ungkap Bapak Sunaryo.

Bapak Sunaryo menilai, sebanyak 25 petani Lebo saat ini telah menggarap seluas 14 hektar sawah di Wilayah Desa Lebo. Ia menuturkan bila para petani di sini hanya berstatus penggarap, bukan pemilik lahan sawah. Maka pihaknya dengan pemilik lahan telah melakukan sistem bagi hasil, dengan masing-masing pemilik lahan mendapatkan hasil 1/4 dari hasil, dan penggarap mendapat 3/4 dari total hasil.

“Kami bersyukur Kepada Bapak TNI Khususnya para Babinsa mau membantu kami hingga panen raya ini,” paparnya.

( Pendim 0736/Batang )