BABINSA WAKILI DANRAMIL HADIRI PENGAJIAN UMUM DALAM RANGKA SEDEKAH LAUT TPI SIKLAYU SIDOREJO.

Gringsing-Kegiatan sedekah laut di Dukuh Siklayu Desa Sidorejo.KecGringsing
Kab. Batang, merupakan agenda rutin setiap tahunnya. Sedekah laut merupakan salah satu bentuk wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, atas rizki yang didapat selama setahun. Kegiatan sedekah laut di Dukuh Siklayu Desa Sisorejo diadakan dengan Meriah dan menghibur Warga.

Hampir dapat dipastikan selama event sedekah laut yang berlangsung kurang lebih selama 7 hari, para nelayan libur melaut, karena tidak ingin ketinggalan kemeriahan acara sedekah laut dan ikut aktif disetiap kegiatannya.

Untuk tahun ini sedekah laut Dukuh Siklayu Desa Sidorejo diadakan sejak tanggal 18 April 2018 – 30 April 2018. . Yang cukup menarik adalah orkes dangdut tidak pernah terlewatkan, nah yang menariknya lagi tahun ini menghadirkan orkes dangdut Orkes Melayu DWI PANGGA dari kota Kendal.
dan mendatangkan penyanyi dangdut yang cantik -cantik ibu kota Kendal. Selain itu pagelaran wayang kulit semalam suntuk seperti menjadi syarat sah sedekah laut. Sebagai acara pamungkasnya, akan digelar pengajian umum dengan pembicara Udtazah Nur Hayati dari kota Kendal.
Kegiatan pengajian si laksanakanpada hari sabtu Kemarin tanggak 28 april 2018 si mulai pukul 20.30 s/d 23.30 wib bertempat di depan halaman TPI siklayu Desa Sidorejo

Hadir dalam kegiatan tersebut adlah Kepala desa sidorejo,Danramil di wakili Babinsa serda la awan,kapolsek gringsing yang di wakili oleh aiptu sudarto,perangkat desa sidorejo,Tokoh agama,tokoh pemuda ,tokoh masyarakat dan warga dukuh siklayu desa sidorejo.
-+ Yang hadir dalam pengajian tersebut sekitar 600 orang kaum muslimin Desa Sidorejo dan sekitarnya.

Adapun untuk susunan acara tersebut adalah ;
1. Pembukaan dengan membaca surat al fatihah
2. Pembacaan ayat suci Al quran
3. Sambutan
a. Dalam Sambutan ketua panitia pengajian sedekah laut oleh bapak sakur
Dalam sambutannya dia mengatakan ucapan selamat datang kepada Tamu undangan dan Warga Desa Sidorejo dan terima Kasih atas bantuan dari para Donatur,  panitia dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara pada malam hari ini dan seluruh rangkaian acara Sedekah Laut.

“Mari Kita dengarkan dengan seksama Tausyiah dari pembicara Ustazah Nur Hayati nanti dan mohon maaf atas segala kekurangan dalam hal penyambutan Bapak Ibu semua dan tamu undangan,” imbuhnya.

mengucapkan terimakasi atas dukungan dn kerja samanya sehingga pengajian dapat berjalan dengan lancar.

b. Sambutan kepala desa sidorejo.Bapak ky Witono adalah
menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bapak Ibu Tamu undangan semua.
“Sedekah Laut merupakan ungkapan rasa syukur kepada ALLAH SWT atas segala limpahan rezeki yang diberikan kepada nelayan dan pelaku usaha perikanan dan pengajian malam hari ini merupakan rangkaian penutup dalam rangka Sedekah Laut Siklayu Tahun 2018,” Imbuhnya.

“Terimakasih kepada para Donatur atas bantuannya dan kepeduliannya kepada kaum duafa khususnya anak-anak Yatim dan kedepannya Desa Sidorejo akan membentuk Lembaga Amal Zakat Infaq Sodaqah Sidorejo yang akan menampung amal dari Para Donatur untuk disalurkan kepada anak yatim dan Dhuafa,” pungkasnya.

4. Acara inti maudzoh khasanah
Dalam mauidzoh khasanah dari Ustazah Nur Hayati mengatakan bahwa sedekah Laut merupakan wujud rasa syukur kepada ALLAH SWT dan merupakan kearifan lokal yakni urusan manusia / dunia dan merupakan budaya setempat untuk itu tidak perlu dipertentangkan apalagi dibilang Bid’ah.

“Rasa syukur dapat kita wujudkan dalam perbuatan / kehidupan Kita sehari-hari baik secara lisan, pikiran maupun perbuatan dan siapa yang dapat bersyukur atas karunia nikmat yang ALLAH berikan Niscaya akan ditambah nikmat yang diberikan,” katanya.

“Islam Rohmatan Lil Al-Amin, untuk itu Kita sesama Muslim jangan sampai memperdebatkan maupun mempertentangkan perbedaan yang ada apalagi akan membentuk Khilafah di Negara Kesatuan Republik Indonesia, mari Kita umat Islam bersatu jangan mau diadu domba baik sesama Muslim maupun dengan umat lain,” tambah Kiai asal Kota Kendal ini .

“NKRI harga mati dan Pancasila sebagai Dasar Negara sudah terbukti sebagai pemersatu Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, Bahasa maupun Budaya dan untuk itu mari Kita bersama senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta Keutuhan NKRI,” pungkas

– Mari selalu bersukur atas nikmat dan rejeki hasil tangkapan yang melimpah.
– sebagai seorang istri pendamping suami harus selalu berdo’a demi keselamatan suami yang sedang pergi melaut, sehingga di beri keselamatan dan rejeki yang melimpah.
– jangan meninggalkan sholat.

Acara selenjutnya dilanjutkan dengan pemberian santunan anak Yatim Piatu Desa Sidorejo dan selama acara berlangsung mendapat pengamanan dari personil koramil Grs dibantu oleh personil polsek Gringsing.

Dalam pelaksanaan kegiata yang sedang berlangsung sampai dengan selesai dapat berjalan dengan tertib aman dan lancar