DINKES BATANG DAN KORAMIL 03/GRINGSING DEKLARASIKAN GERMAS LEWAT KEGIATAN SENAM SEHAT .

Gringsing-Ratusan warga dari berbagai kalangan Wilayah Kecamatan Gringsing memadati Lapangan olah raga depan halaman SDN 2 Madugowong Jati . Untuk mengikuti Senam Sehat bersama dalam Rangka Rangkaian kunjungan kerja Bupati Batang Bapak Wiaji Sag.Mpd.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Luar Biasa Manfaatnya. Untuk menjalankan Pola hidup sehat sebenarnya mudah dan sederhana tanpa kita mengeluarkan biaya yang mahal, kita  hanya butuh luangkan waktu 10 sampai 20 menit  untuk melakukan gerakan-gerakan fisik yaitu berolahraga agar dapat menghindari sakit.

Hal tersebut disampaikan Oleh Bapak Bupati Wiaji Setelah melaksanakan Senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) yang diadakan di Lapangan Olah raga depan halaman SDN 2 Madugowong Jati Kec.Gringsing.Kab.Batang.Jum’at kemarin Tgl : 27 April 2018 Sekitar pukul : 07.30 s/ 08.30 Wib.

“Kita sebagai Insan manusia perlu memperhatikan kebiasaan sehari-hari untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan, untuk menjaga kesehatan tubuh setidaknya kita melakukan gerakan fisik atau olah raga setiap hari meskipun cukup lima menit atau 20 menit,” kata Bupati Batang Bapak Wiaji.

Senam GERMAS tersebut di ikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati Batang ,Dandim 0736/Btg di wakili oleh Danramil 03/Gringsing Kapten Infantri Sugito,Setda Kab Batang H. Nasokhin dan pejabat Eselon kab Batang,Muspika kec. Gringsing,Camat se kab Batang,Dinas instansi se kec. Gringsing,anggota Koramil 03/ Gringsing,Anggota polsek Grs dan Warga masyarakat di wilayah Kec.Gringsing.

Dandim 0736/Batang Yang di wakili oleh Danramil 03/Gringsing Kapten Infantri Sugito Juga menyampaikan, Gerakan Masyarakat Hidup sehat ini sangat-sangat luar biasa manfaatnya, karena di Instansi TNI dan POLRI sudah menjadi rutinitas yang dalam satu minggu dua kali kita berolah raga.

“Minimal kita berolahraga seminggu satu kali untuk menjaga kebugaran tubuh agar menjadi sehat, karena dengan tubuh sehat pikiran jadi sehat dan kita menjadi produktif,” kata Danramil 03/Gringsing Kapten Infantri Sugito yang mewakili Dandim Batang.

Penyampaian Danramil Gringsing juga berharap kepada semua Lapisan masyarakat Wilayah Kecamatan Gringsing untuk menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, tidak perlu latihan berat yang menguras energi dan waktu, tidak perlu membuang-buang uang dengan pergi ke pusat kebugaran, cukup jalan-jalan rutin senam bersama di sekitar halaman rumah kita, atau di jalan-jalan memutari kampung RT kita,Dengan bersamaan aktifitas seperti itu kita semua akan lebih mengenal lagi Warga masyarakat kita.

Dan untuk lebih memasyarakatkan pola hidup sehat, kami harapkan semua lembaga atau intansi di Pemerintah Kecamatan Gringsing untuk menumbuhkan kembali dengan berolahraga dari senam, jalan sehat maupun olahraga lainya, hal ini agar tubuh kita menjadi bugar pikiran sehat dan kita menjadi produktif, GERMAS tidak hanya Tanggung Jawab Pemkab Batang saja, tetapi juga seluruh elemen masyarakat Batang

Selain itu Ia juga menjelaskan, kegiatan GERMAS ini bersifat Basis individu, maupun Anggota keluarga, Agar tertanam pola hidup sehat terutama bagi anak-anak dan salah satu tujuannya, menurunkan potensi stunting dimana seorang anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari standar usianya.

“Prosentase populasi stunting di Kabupaten Batang mencapai 25%, maka kegiatan ini harapannya dapat mengurangi potensi stunting,” pungkas Danramil Gringsing.

Kepala dinas Kesehatan Batang dr, Hidayah Basbhet, Juga menyampaikan: “Bahwa Germas ini bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik kecacatan maupun kematian, menurunkan beban pembiayaan pemerintah dan menghindarkan penurunan produktifitas serta menghindarkan peningkatan beban finansial penduduk.”.

Dr Hidayah Basbhet juga mengatakan, Sejak tahun 1990 banyak sekali penyakit menular seperti, diare, tipes dan infeksi saluran pernapasan atas yang banyak merenggut kematian, namun sekarang bisa di tekan.

“Tetapi sekarang beralih polanya menjadi pola penyakit tidak menular sehingga masyarakat harus mulai mendeteksi diri, karena penyakit tidak menular  ada pada diri kita yang harus kita cegah dengan beralih ke makanan sehat, berolah raga,” pinta Dr. HidayahBasbhet.

Kepala Puskesmas Gringsing II Dr.Didik Sugiharto juga menyampaikan“Gaya hidup masyrakat sekarang cenderung kurang sehat sehingga banyak masyarakat yang terkena penyakit yang terkadang tidak bisa diprediksi seperti struk, jantung, kanker, dengan menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga senam serta pola makan dengan makanan sayuran dan buah – buahan yang segar”

Nampak Bupati Batang Wiaji Sag.Mpd. Danramil 03/Gringsing yg mewakili Dandin Batang,Muspika kecamatan Gringsing,Kades Madugowong dan warga masyarakat kecamatan Gringsing
Menandatangani Komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Desa Madugowong Jati ,Dukuh Sidomulyo. Kecamatan Gringsing.Kab.Batang.