BABINSA SIAP MEMBANTU PROGRAM STIMULASI JAMBAN SEHAT

Tulis, Batang, Jateng – Pemerintah Desa Ponowareng Kecamatan Tulis Kabupaten Batang telah mendapatkan bantuan jamban sehat, Pelda Awali Batituud Koramil 12/Tulis turut menghadiri Rapat Pleno Stimulasi Jamban Sehat yang dilaksanakan Sabtu kemarin (28/4/18) pukul 10.00 sampai dengan selesai.

Pemerintahan Daerah Kabupaten Batang telah menyalurkan bantuan program stimulasi jamban sehat APBD II tahun anggaran 2018.

Program stimulasi jamban sehat terealisasikan kebeberapa desa yang membutuhkan termasuk didalamya Desa Ponowareng Kecamatan Tulis.
Kedepanya program stimulasi Jamban Sehat bisa dikerjakan secara merata dimasing-masing pedesaan.

Bapak Bahtiar selaku Kasi Penyehatan Lingkungan Kabupaten Batang mengatakan, dengan adanya bantuan stimulasi jamban sehat di Desa Ponowareng Kecamatan Tulis ini, agar warga sadar tentang pentingnya kesehatan lingkungan, salah satunya jangan buang air besar disembarang tempat, kotoran yang kita buang disembarang tempat bisa dihinggapi bahkan dimakan hewan lain seperti lalat dan tikus, hewan-hewan tersebut suatu saat pasti ada yang masuk kedalam rumah kita dan hinggap atau bisa jadi makan makanan kita, bukankah hewan-hewan tersebut sumber dari penyakit,”katanya”.

Dengan adanya bantuan Jamban dari Pemerintah ini, kita harapkan warga Desa Ponowareng sudah bisa buang air besar pada tempatnya, sehingga tidak lagi buang air besar di sembarang tempat/jamban tradisional.
Harapan kedepanya desa ponowareng masuk dalam kategori Desa lingkungan bersih dan sehat,”imbuhnya”.

Terkait rapat pleno stimulasi jamban sehat APBD II wilayah pemerintahan Kabupaten Batang dihadiri oleh Bapak Bahtiar selaku penyehatan lingkungan, Dr.Hj.Wiwid Widyawati kepala Puskesmas Tulis, Pelda Awali Batituud Koramil 12/Tulis, Iptu Agus Widarto waka Polsek Tulis, Kepala Desa Ponowareng Bapak Darsani dan perwakilan dari warga Desa Ponowareng kurang lebih 50 orang.

Kepala desa Bapak Darsani menjelaskan, dengan adanya program stimulasi jamban sehat pemerintahan Desa Ponowareng hanya menganggarkan dana untuk material jamban sehat saja, untuk biaya tenaga kerjanya ditanggung oleh masing- masing penerima jamban sehat,”tegasnya”.

Pelda Awali menambahkan,adanya program stimulasi jamban sehat APBD II Tahun Anggaran 2018 Kabupaten Batang, Kami dari pihak Koramil 12/Tulis menegaskan siap membantu dan menyukseskan program tersebut, kami akan bekerja sama dengan intansi terkait supaya program yang telah direncanakan bisa terwujud dengan sukses,” tegasnya”.

Bapak Teguh salah satu warga penerima bantuan program stimulasi jamban sehat, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dan instansi terkait atas bantuannya, saya merasa sangat senang sekali dengan adanya program stimulasi jamban sehat, salah satu keinginan saya yaitu mempunyai jamban sendiri didalam rumah akhirnya bisa terwujudkan,”pungkasnya”.

Program stimulasi jamban sehat ini digunakan untuk mendukung masyarakat dengan program pola hidup sehat, serta untuk mendukung program peningkatan kesehatan masyarakat dengan sadar dan peduli lingkungan yang sehat.

(Pendim Batang)