Jelang Puasa Koramil 05/ Reban Karya Bakti Bersama Masyarakat

Nyadran merupakan tradisi pembersihan makam oleh masyarakat Jawa, umumnya di pedesaan. Dalam bahasa Jawa,Nyadran berasal dari kata sadran yang artiya ruwah syakban,Nyadran adalah suatu rangkaian budaya yang berupa pembersihan makam leluhur, dan puncaknya berupa kenduri selamatan.

Koramil 05/Reban jajaran Kodim 0736/Batang melaksanakan karya bakti pembersihan dan perbaikan jalan menuju makam leluhur desa Reban kecamatan Reban kabupaten batang. Meski bulan puasa kurang dua minggu lebih, kerja bhakti diikuti 40 orang gabungan dari Koramil 05/reban , perangkat desa dan komponen masyarakat d lanjutkan selamatan nyadran,jumat (27/4/18) pukul 08.00wib.

“Sebagai bentuk hormat dan beban moral, karena disini tempat peristirahatan terakhir para leluhur Ulama dan bahkan pejuang pendahulu yang berjasa bagi masyarakat, khususnya Desa Reban” ungkap Danramil 05/Reban Kapten Inf Kuryadi.

Ustadz Nur Yasin selaku tokoh agama dan yang memipin doa selamatan kenduri nyadran merasa terkesan dan terbantu dengan hadirnya Bapak-bapak TNI dari koramil 05/Reban untuk membantu dan memotivasi masyarakat dalam kegiatan gotong royong sehingga pelaksanaan pembersihan dan perbaikan jalan makam dapat selesai secara maksimal,”tuturnya.