TNI LAKSANAKAN PENGHIJAUAN BERSAMA KKN IAIN PEKALONGAN

Reban, Batang, Jateng – Saat ini bumi sedang mengalami masalah yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, hal tersebut dikarenakan saat ini lapisan ozon (o3) yang terdapat di atmosfer sebagai pelindung bumi dari sinar ultra violet yang dipancarkan oleh sinar matahari mulai menipis, peristiwa ini bisa juga disebut sebagai “Global Warming”.

Global Warming itu sendiri terjadi diakibatkan oleh ulah manusia itu sendiri, manusia menggunakan bahan-bahan yang banyak mengandung gas beracun misalnya seperti asap kendaraan bermotor, rumah kaca dan lain-lain yang dapat mengurangi jumlah gas yang berguna bagi manusia pada lapisan ozon itu sendiri.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Batuud Koramil 05/Reban Serma Zaenal Abidin bersama 3 anggota Babinsa, Perangkat Desa dan BP3K telah melakukan penanaman pohon untuk penghijauan bantuan dari KKN IAIN Pekalongan.

Adapun bibit tanaman yang di berikan oleh mahasiswa KKN IAIN Pekalonhan bukan hanya tanaman keras untuk penghijauan saja, namun ada juga tanaman buah seperti pohon jeruk sebanyak 75 pohon dan bibit cabe sebanyak 500 pohon.
Tanaman keras untuk penghijauan diantaranya bibit pohon albasia sebanyak 100 batang, bibit pohon mahoni 75 batang dan bibit pohon suren 100 batang.

Penanaman pohon untuk penghijauan diharapkan dilahan yang gundul akibat penebangan liar, bantuan bibit diberikan kepada Kades Cablikan Ibu Setiyani dan Ketua Gapoktan Bapak Turyanto dengan tujuan agar bisa di bagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

Bibit pohon jeruk dan cabe diberikan kepada warga yang memiliki lahan kosong, sehingga dengan adanya bantuan bibit ini bermanfaat untuk dapat menambah penghasilan bagi masyarakat.
Untuk penanaman pohon keras akan ditanam di sekitar lapangan bola, lahan gundul dan sepanjang jalan Desa Cablikan Kecamatan Reban kabupaten Batang, Kamis (26/4/18).

Mengingat banyak sekali manusia yang tidak memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan, ulah mereka yang sengaja merusak hutan itu sangat memprihatinkan, gimana dengan anak cucu kita kelak.
Apakah mereka tidak mengerti kalau tumbuhan dan pohon sangat berguna bagi bumi, dengan kebodohan mereka bukan hanya global warming yang akan terjadi, tetapi dampak dari kebodohan yang mereka lakukan akan menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor,”ungkap Ibu Setiyani”.

Sdr. Muhammad Rizal dari perwakilan mahasiswa IAIN Pekalongan yang sedang melaksanakan KKN di wilayah Kecamatan Reban mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah sudi turut serta dalam penanaman pohon untuk penghijauan, “Saya sangat senang bisa kenal dengan Bapak-bapak TNI, khususnya anggota Koram 05/Reban, semoga saja apa yang kita lakukan dapat bermanfaat untuk warga Desa Cablikan,”katanya”.

Kita berharap para penebang liar bisa sadar kalau apa yang mereka lakukan sangat besar dampaknya untuk kelestarian alam, jangan sampai anak cucu kita merasakan dampak yang kita perbuat.
Semoga saja dengan adanya pohon yang kita tanam, dapat mengurangi bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan kekeringan diwilayah Kecamatan Reban,”pungkas Serma Zaenal”.

(Pendim Batang)