TIM LTT KODIM 0736/BATANG MENINJAU PENYEMAIAN BIBIT PADI SIAP TANAM

Gringsing, Batang, Jateng -Tim LTT Kodim 0736/Batang yang dipimpin oleh Dandim 0736/Batang Letkol Henry RJ Napitupul,S.Sos beserta staf tim Kapten Inf Bardi dan Kapten Inf Agung melaksanakan peninjauan penyemaian bibit padi di Desa Krengseng Kecamatan Gringsing, Selasa (24/04/18).

Dandim beserta rombongan disambut oleh Danramil 03/ Gringsing yang diwakili Batiwanwil Peltu Haryana dan anggota Babinsa koramil 03/ Gringsing Sertu Pursugiyanto, Serda Tri Sukamto dan Serda La Awan.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua BP3K dan tim LTT Kecamatan Gringsing yang diwakili oleh PPl Bapak Aris,SP dan Ketua Gapoktan Rukun Tani Bapak Teguh Santoso.

Kedatangan Dandim beserta rombongan ke Desa Krengseng Kecamatan Gringsing dalam rangka
melaksanakan peninjauan penyemaian bibit padi dilahan milik Bapak Slamet Arifin dengan luas lahan 0,5 Ha yang digarap secara bersama oleh kelompok tani “RukunTani”.

Untuk bibit yang akan disemai sebelumnya dilakukan seleksi benih dengan cara merendam gabah pada larutan garam 3% (30 gr garam /1 Liter air).
Hal ini bertujuan untuk mendapatkan benih yang berbobot dan terisi penuh, “Kata Bapak Teguh”.

Diwaktu yang sama, Dandim beserta Tim LTT Kodim 0736/Batang dan Anggota Babinsa Koramil 03/Gringsing juga melakukan pendampingan pencabutan benih padi siap tanam milik bapak Minto kelompok Tani “Rukun tani” wilayah desa Krengseng Kecamatan Gringsing, Jenis padi yang akan ditanam adalah Situ bagendit dengan luas lahan 0,75 Ha.

Penanaman bibit padi lebih baik pada usia muda berumur 15-20 hari, hal ini dilakukan untuk menghindari stres yang berkepanjangan pada tanaman,”imbuh Bapak Minto”.

(Pendim Batang)