KODIM 0736/BATANG BERIKAN PENYULUHAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN BELA NEGARA

Komandan Koramil (Danramil) 04/Bawang  Kapten Inf Sumargiyono mewakili Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu, S.Sos selaku Komandan Satuan Tugas ( Dansatgas ) TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018, Senin (23/04/2018) memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara kepada ratusan warga masyarakat Desa Candirejo, termasuk didalamnya  Barisan Ansor Serbaguna (BANSER), tokoh pemuda, tokoh masyarakat, serta karang taruna Desa Candirejo, di Balai Desa Candirejo. Penyuluhan wawasan kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara ini dilaksanakan dalam program non fisik TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018 Kodim 0736/Batang.

“Kegiatan penyuluhan Wasbang dan Bela Negara ini dengan harapan dapat berguna kepada warga masyarakat Candirejo, tokoh pemuda, karang taruna, dan adik-adik generasi muda pada khususnya, sangatlah perlu adik-adik tau dan diingatkan serta ditanamkan kembali tentang wawasan kebangsaan sejak dini,”ungkapnya.

Ia berharap kepada seluruh yang hadir dalam kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara ini, bahwa kalian adalah generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan dan untuk itu adik-adik juga harus mengetahui perjuangan para pahlawan kita dulu sebagai motivasi untuk terus berkarya dan memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara. “Mengingat generasi muda yang akan melanjutkan dan meneruskan kepemimpinan bangsa Indonesia 10 atau 20 tahun kedepan”, harapnya.
Dalam kegiatan penyuluhan ini Kapten Inf Sumargiyono juga memberikan bingkisan kenang-kenangan bagi mereka yang aktif bertanya.

Dalam kegiatan ini juga disebutkan apa arti dari 4 pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. “Rasa kebangsaan merupakan wujud dari sumpah pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani oleh negara lain”, ucapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Kepala Desa Candirejo mewakili masyarakat  mengucapkan rasa terima kasih kepada bapak Dandim yang diwakili oleh Danramil 04/Bawang Kapten Inf Sumargiyono dan juga bapak-bapak TNI yang sudah hadir untuk memberikan nilai-nilai kebangsaan yang baik dan positif terhadap warga masyarakat Candirejodi yang Ia pimpin.

“Harapan saya semoga dengan adanya penyuluhan wawasan kebangsaan dan Bela Negara yang dilaksanakan Kodim 0736/Batang dalam program kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung Tahap I 2018 bisa menjadikan motivasi dan berguna bagi warga masyarakat Candirejo,” harap Bapak Ahmad Musafak selaku kepala Desa Candirejo.